25 radar bogor

BSU Rp600 Ribu Tahap I Cair Hari Ini, Bisa Diambil di Bank Himbara

Ilustrasi BSU Rp600 Ribu
Ilustrasi BSU Rp600 Ribu

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bantuan Subsidi Upah atau BSU Rp600 ribu untuk 4,36 juta orang pekerja atau buruh, secara bertahap cair mulai hari ini Senin (12/9/2022).

Baca Juga : Buruan Cek Rekening, BSU atau Subsidi Gaji Rp600 Ribu Cair Hari Ini

Dana tersebut bisa diambil oleh pekerja yang memiliki rekening di Bank Himbara. Seperti diketahui, lembaga perbankan yang masuk dalam Bank Himbara antara lain, BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BTN.

“Insya Allah, dana BSU Rp600 ribu bisa diambil secara bertahap mulai Senin (hari ini) sesuai operasional Bank Himbara. Saya mengingatkan, tahap pertama ini penerima BSU yang sudah memiliki rekening Bank Himbara ya,” kata Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi melalui siaran pers Biro Humas Kemnaker.

Anwar menjelaskan dana BSU Rp600 ribu sudah Kemnaker teruskan kepada Bank Himbara selaku penyalur sejak Jumat (9/9/2022) dengan anggaran Rp 2,61 triliun. Sebelum dipastikan cair kepada pekerja, pihaknya lebih dulu melakukan proses verifikasi, validasi, dan pemadanan data.

Itu dilakukan sesuai dengan kriteria yang diatur pada Permenaker BSU 2022 sebagai upaya untuk menjaga ketepatan sasaran dan akuntabilitas.

Pada Selasa (6/9/2022) Kemnaker telah menerima 5,09 juta data calon penerima BSU tahun 2022 dari BPJS Ketenagakerjaan. Data tersebut kemudian dilakukan verifikasi, validasi, dan pemadanan data sebelum ditetapkan sebagai penerima BSU.

Setelah dilakukan proses tersebut, terdapat 4,36 juta orang pekerja atau buruh yang dapat menerima BSU di tahap pertama. Oleh sebab itu, Kemnaker mengapresiasi para pekerja atau buruh yang telah sabar menunggu pencairan dana BSU Rp600 ribu.

Baca Juga : Kabar Gembira untuk Pekerja, BSU Rp1 Juta Bakal Kembali Cair

“Kami memahami bahwa BSU 2022 sangat ditunggu oleh pekerja/buruh, namun selain cepat kami juga harus menjaga prinsip ketepatan sasaran dan akuntabilitas dari program ini. Saya berterima kasih kepada para pekerja/buruh yang telah sabar menunggu pencairan BSU 2022,” jelas Anwar.

Lebih lanjut, Anwar mengatakan bahwa masyarakat dapat mengakses berbagai informasi terkait BSU, termasuk pengecekan status penyaluran, melalui laman bsu.kemnaker.go.id. (jpg)

Editor : Yosep