25 radar bogor

Tingkatkan Ekonomi Warga, Dosen Prodi FMIPA Unpak Ajarkan Ibu-ibu Buat Minuman Kesehatan Sari Temulawak

Tingkatkan Ekonomi Warga, Dosen Prodi FMIPA Unpak Ajarkan Ibu-ibu Buat Minuman Kesehatan Sari Temulawak

CIBADAK-RADAR BOGOR, Empat dosen Program Studi Biologi, Fakultas MIPA Universitas Pakuan (Unpak), bantu ibu-ibu non produktif, khususnya di Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor ikut meningkatkan perekonomian keluarga.

Salah satu caranya, yaitu dengan mengadakan pelatihan bagi ibu-ibu non produktif membuat minuman kesehatan, berupa Sari Temulawak, akhir pekan kemarin (9/9/2022).

Sebanyak kurang lebih 20 ibu-ibu yang ikut, diajarkan membuat olahan minuman kesehatan berupa Sari temulawak, yang formulanya terdiri temulawak, kunyit, jahe dan sereh. Formula ini sangat mudah dibuat dalam kegiatan mereka sehari-hari. “Sambil mengurus keluarga,” kata salah satu dosen Prodi Biologi Unpak, Prof. DR. Prasetyorini kepada Radar Bogor.

Baca juga: Rektor Unpak : Perguruan Tinggi Punya Peran Strategis Membangun Daerah

Menurut Ibu Rini, sapaannya, kegiatan ini merupakan salah satu tugas utama dosen, yaitu melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk Dharma yang ketiga yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Kami melihat, saat ini banyak ibu-ibu rumah tangga yang diam di rumah. Nah, pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan membantu mereka, agar termotivasi untuk membantu ekonomi keluarga, menambah penghasilan, dengan membuat sesuatu yang bisa dijual,” bebernya.

Ia berharap, ini tidak hanya sebuah seremoni biasa. Tapi kegiatan yang berkelanjutan. Dengan arti, ilmu yang sudah diberikan, bisa benar-benar diaplikasikan.

“Dan benar-benar bisa dirasakan manfaatnya,” tegasnya.

Selanjutnya, kata Ibu Rini, bersama ketiga dosen lainnya, yaitu Ibu Dr. Oom Komala, Ibu Moerfiah MS dan Ibu Mulyati Effendi MSi, mereka akan terus meninjau melalui salah satu koordinator yang ada di desa, dan peserta pelatihan memberika respon positif (*/ran)

Editor: Rany