25 radar bogor

Bimtek Jurnalistik Kwarcab Kabupaten Bogor, Dorong Anggota Pramuka Sebar Informasi Sehat

Bimtek Jurnalistik Kwarcab Kabupaten Bogor, Dorong Anggota Pramuka Sebar Informasi Sehat

CIBINONG-RADAR BOGOR, Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat informasi dapat diperoleh dari mana saja dan oleh siapa saja. Kesempatan ini tidak ingin disia-siakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bogor. Sebagai organisasi pendidikan nonformal, di era digital ini Pramuka Kwarcab Kabupaten Bogor punya andil menyajikan informasi sehat.

Untuk mendukung itu, Kwarcab Kabupaten Bogor memiliki Pusat Informasi (Pusinfo) sebagai media penyaluran informasi kepada anggota Pramuka khususnya di Kabupaten Bogor. Dalam membantu menjalankan tugas jurnalistiknya, Pusinfo Kwarcab Kabupaten Bogor membekali anggota Pramuka melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik.

Baca juga: Buat Pemerintah Ketar Ketir, Bjorka Beberkan Retas Dokumen Rahasia BIN dan Jokowi

Bimtek Jurnalistik Kwarcab Kabupaten Bogor digelar pada Minggu (11/9/2022) di Sekretariat Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Cibinong, Kabupaten Bogor. Bimtek diikuti oleh anggota Pramuka penegak dan pandega yang merupakan utusan setiap kwartir ranting (kwarran) di Kwarcab Kabupaten Bogor.

Sekretaris Kwarcab Kabupaten Bogor, Ahmad Kosasih menilai kegiatan Bimtek Jurnalistik penting untuk diikuti oleh anggota Pramuka. Nantinya anggota Pramuka dapat membuat konten atau informasi sehat. Hal ini dapat menjawab pertanyaan masyarakat “Pramuka kemana saja”.

“Salah satu yang menjadi pertanyaan masyarakat saat ini Pramuka gak ngapa-ngapain, Pramuka hanya tepuk, kemping,” kata Kosasih.

Menurut dia, penyebab munculnya pertanyaan tersebut karena penyebaran informasi kegiatan Pramuka sangat minim. Contoh saja, berita-berita Pramuka jarang dimuat di media arus utama.

Baca juga: Warga Bogor Digegerkan Penemuan Jenglot, Begini Kronologinya

“Tapi ketika ada anggota Pramuka yang hanyut, beritanya terus ada. Dampaknya penilaian masyarakat terhadap Pramuka menurun,” ungkap dia.

Menurut Kosasih, hal itu menjadi tantangan anggota Pramuka, salah satunya adalah Pusinfo. Kata dia, Pusinfo berperan penting dalam meningkatkan eksistensi Pramuka.

“Kalau gak ada Pusinfo gak ada yang tau kegiatan Pramuka,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, Pusinfo sebagai salah satu media informasi kepramukaan kepada masyarakat. Di Kwarcab Kabupaten Bogor, Pusinfo merupakan salah satu program unggulan yang tertuang dalam Panca Sakti. Sebagai realisasinya, Pusinfo Kwarcab Kabupaten Bogor menggelar Bimtek Jurnalistik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Pramuka dalam mengemas informasi.

“Saya berharap setelah menyerap dari beberapa narasumber adik-adik bisa menerapkannya,” tutur Kosasih. (*)

Editor: Rany