25 radar bogor

Soal Perbedaan Penelitian Wisata Glow KRB, Ketua DPRD : Harusnya Pakai Riset Independen

Wisata GLOW Kebun Raya Bogor
Wisata GLOW Kebun Raya Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Rapat dengar pendapat yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, BRIN, dan pengelola KRB PT Mitra Natura Raya, di Balai Kota Bogor Jumat (9/9/2022) terkait Wisata Glow KRB menunjukkan belum adanya titik temu.

Baca Juga : Wisata Glow KRB Dihentikan, Ketua DPRD Ungkap Penyebabnya

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Tristanto mengatakan, hal tersebut terjadi karena adanya perbedaan hasil penelitian yang dilakukan pihak BRIN dengan lembaga lain.

“Riset yang dilakukan BRIN (cahaya malam di wisata Glow) menunjukkan tidak adanya masalah (pada ekosistem). Tapi riset dari lembaga lain ada masalah,” ujarnya kepada Radar Bogor pada Jumat (9/9/2022) malam.

Padahal menurutnya, penelitian yang digunakan pada kesempatan tersebut seharusnya dari pihak yang independen dan tidak memiliki kepentingan.

Selain itu, jurnal internasional dan jurnal ilmiah yang membahas terkait dampak dari cahaya ataupun lampu terhadap lingkungan telah banyak dilakukan sehingga dapat memperkuat penelitian lembaga independen. “Itu bisa dijadikan titik tolak,” jelas Atang.

Karena tidak adanya titik temu pada kesempatan tersebut, ia berharap adanya pertemuan kembali. “Kami di Forkopimda menginginkan ada titik temu untuk bagaimana pengelolaan KRB tetap mengacu pada lima fungsi utama tanpa mengundang polemik,” tambahnya.

Ia menyampaikan kesimpulan dalam hasil rapat tersebut ialah kegiatan wisata Glow untuk sementara waktu dihentikan hingga adanya keputusan lebih lanjut. (cr1)