logo radar

Ratu Elizabeth II Meninggal di Usia 96 Tahun, Ini Rahasia Umur Panjangnya

Ratu Elizabeth II
Mendiang Ratu Elizabeth II yang wafat diusia 96 tahun.

INGGRIS-RADAR BOGOR, Menjadi pemegang rekor ratu terlama memerintah dalam sejarah Inggris, Ratu Elizabeth II akhirnya meninggal dunia di usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022).

Baca Juga : Ratu Elizabeth II, Pemimpin Terlama di Inggris Tutup Usia

Tak sedikit yang mengagumi umur panjang sang Ratu Elizabeth II sejak ia pertama kali menjadi ratu di tahun 1952.

Ratu Elizabeth II memerintah Inggris lebih dari 70 tahun.Ini menjadikannya penguasa Inggris terpanjang kedua, tepat di belakang Raja Prancis Louis XIV, yang memerintah selama 72 tahun sebelum meninggal pada 1715.

Dikutip dari Health Digest, peneliti budaya Inggris Bryan Kozlowski, yang menulis buku ‘Long Live the Queen! 23 Rules for Living From Britain’s Longest-Reigning Monarch’ menceritakan ‘rahasia’ di balik hidup panjang Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II disebut memiliki kebiasaan menjaga kebugarannya, yakni dengan olahraga seperti salah satunya berkuda, nyaris setiap hari. Ratu Elizabeth II juga terbiasa mengatur pola makan.

Mantan koki kerajaan Inggris, Darren McGrady, menyebut makanan favoritnya adalah sayuran bersama protein tanpa lemak seperti salmon, pheasant, dan daging rusa. Ingatannya juga tampak tak memudar meski sudah tak lagi muda.

Hal ini dikarenakan ia selalu meluangkan waktu selama berjam-jam dalam sehari untuk membaca dokumen penting, baik terkait kebijakan dan masalah konstitusional.

Dikutip dari New York Post, ketika berbicara tentang kesehatan mentalnya, ia kerap meluangkan waktu untuk dirinya sendiri, mencari ketenangan di kastil Balmoral yang disayanginya di Skotlandia.

Kebiasaan pribadi Ratu Elizabeth yang sehat bukanlah satu-satunya hal yang membuatnya panjang umur, menurut penelitian.

Baca Juga : Lewis Hamilton dapat Gelar Bangsawan dari Kerajaan Inggris

Pada saat kelahirannya di tahun 1926, harapan hidup wanita di Inggris adalah 62 tahun, sementara usia yang dia lewati dari rata-rata tersebut adalah 34 tahun.

Sebuah studi 2017 silam yang dimuat dalam Environment and Planning A: Economy and Space, menemukan hak istimewa dalam hal akses ke perawatan kesehatan dan status ekonomi berkorelasi langsung dengan umur yang lebih panjang. (net/dtk)

Editor : Yosep

Berita Lainnya