Diduga Korupsi Dana BOS, Kepala Sekolah Di Gunung Putri Ditahan Kejari

GUNUNG PUTRI-RADAR BOGOR, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor menahan MK (56), Kepala SMK Generasi Mandiri di Kecamatan Gunung Putri.

Dirinya diduga telah melakukan tindak pidana korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang bersumber dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah pusat sejak 2018 hingga 2021.

“Berdasarkan hasil penyelidikan, penyidikan, keterangan para saksi dan cukup barang bukti, akhirnya MK selaku Kepala SMK Generasi Mandiri mulai hari ini kami tahan,” kata Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Kabupaten Bogor, Dodi Wiraatmaja kepada wartawan, Kamis, (8/9).

Baca juga: Kominfo Diledek Hacker, DPR: Prihatin, Memalukan

Dodi menerangkan, modus yang digunakan tersangka MK yakni melakukan pengadaan fiktif, anggaran ganda dan lainnya sehingga terjadi penyalahgunaan dana BOS. Dalam aksinya, tersangka juga dibantu pihak lain yang saat ini masih dalam tahap penyidikan.

“Double anggaran baik dengan sesama dana BOS maupun dana iuran orang tua yang dikumpulkan oleh komite sekolah. Tersangka dibantu oleh pihak lainnya, namun hari ini kami baru menahan MK dan tidak menutup kemungkinan bakal ada tersangka lain, jikalau barang bukti lengkap,” tutur Dodi.

Kejari juga masih melakukan pendalaman atas kerugian negara yang disebabkan tersangka. Dengan adanya bukti tambahan, pihaknya melibatkan Inspektorat Kabupaten Bogor untuk melakukan perhitungan tambahan.

“Sebelumnya besar kerugian negara kurang lebih Rp. 1 miliar, karena ada keterangan tambahan dari saksi dan bukti lainnya, kemungkinan ada peningkatan jumlah kerugian negara hingga butuh perhitungan tambahan,” tambahnya.

Namun demikian, lanjut Dodi, meski tersangka mengembalikan nilai kerugian negara tersebut, proses hukum tetap akan berjalan namun dapat meringankan hukuman tersangka.

“Pemulihan atau pengembalian keuangan negara memang sudah diatur oleh UU tentang pemberantasan Tipikor, namun tidak menghapus ancaman tindak pidananya,” pungkasnya.(cok)

Editor: Rany

Berita Lainnya