25 radar bogor

Bantu Para Supir, Salamaid Berikan Subsidi Ongkos Belasan Angkot

Bantu Para Supir, Salamaid Berikan Subsidi Ongkos Belasan Angkot

BOGOR-RADAR BOGOR, Kebijakan pemerintah menaikan harga BBM bersubsidi membuat keadaan supir angkot semakin sulit. Kondisi ini mendorong lembaga sosial kemanusiaan Salamaid melancarkan program untuk membantu para supir angkot. Mereka menggelar program bertajuk “Subsidi Ongkos Angkot”.

Personel Tim Fundraising Salamaid, Agil Mulqi mengatakan subsidi tersebut diberikan pihaknya dengan bentuk uang tunai untuk biaya bahan bakar kendaraan angkot. Gerakan ini dilakukan pihaknya untuk meringankan beban supir angkot yang semakin berat.

“Para supir angkot mengeluhkan semakin berkurangnya penumpang di masa sekarang ini. Kondisi ini diperparah dengan naiknya harga BBM bersubsidi sehingga berpengaruh pula pada harga ongkos angkot. Hal ini menyebabkan semakin sedikitnya jumlah penumpang,” tutur Agil kepada Radar Bogor pada Kamis (8/9).

Baca juga: Budi Hartono dan Sjamsul Nursalim Mangkir, Pansus BLBI DPD RI Pastikan Undang Ketiga Kalinyaatis

Agil mengungkapkan banyak supir angkot yang mengeluh karena banyak penumpang yang belum mengetahui adanya kenaikan harga sehingga menolak untuk membayar sesuai dengan rupiah yang sudah ditetapkan. Bahkan tak jarang para penumpang hanya membayar setengah dari ongkos tersebut.

Kemirisan itulah yang menggerakan lembaga Salamaid melaksanakan program subsidi ongkos angkot. Lewat program ini beban supir angkot dapat terminimalisir selain itu juga membantu para penumpang yang kekurangan dalam segi ekonomi.

Gerakan ini langsung dilancarkannya pada hari pertama penetapan kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi Sabtu (3/9). Sebanyak 12 angkot mendapatkan bantuan berupa BBM jenis pertalite masing-masing 5 liter.

“Di hari itu kami melihat banyak supir angkot yang mendorong mobilnya ketika antri. Itu mereka lakukan untuk menghemat bensinnya. Setelah berbincang dengan mereka, kami berikan bantuan tersebut,” paparnya.

Tak berhenti di situ, Salamaid kembali memberikan subsidi kepada supir angkot nomor 17 trayek Pomad-Binamarga pada Selasa (6/8). Sebanyak 4 angkot mendapatkan bantuan berupa uang tunai untuk membeli bahan bakar.

“Kita berikan uang masing-masing Rp100 ribu untuk membeli BBM pertalite sebanyak 10 liter. Kami juga turut menjadi kenek untuk memastikan program ini berjalan lancar,” terang Agil.

Diutarakan Agil, para supir angkot merasa senang dan terbantu dari program subsidi ongkos angkot ini. Mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bahan bakarnya hari itu.

Selain program ini, Salamaid yang telah berdiri sejak tahun 2017 juga menggelar banyak program-program sosial dan kemanusiaan lainnya. Terdapat 5 fokus program yang dilaksanakan pada lembaga ini di antaranya program salam sehat, salam pintar, salam hijau, salam tanggap, dan salam berdaya.

Lewat kelima program utama ini Salamaid memberikan banyak bantuan dan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kebencanaan, sosial, hingga ekonomi. Sejumlah unit program pun saling terintegrasi sehingga semakin banyak manfaat yang dapat dirasakan masyatakat. (cr1)

Editor: Rany