logo radar

Singapura Tarik Kecap Manis dan Sambal ABC dari Pasaran, Ini Penyebabnya

Kecap Manis
Ilustrasi Kecap Manis

SINGAPURA-RADAR BOGOR, Kabar mengejutkan datang dari Singapura. Dua produk dari Indonesia yakni ABC Kecap Manis dan ABC Sambal Ayam Goreng, ditarik dari pasaran oleh Badan Makanan Singapura (SFA).

Baca Juga : Kunjungan ke Kota Bogor, Singapura Jajaki Kerja Sama

Kecap Manis ABC yang ditarik diimpor oleh New Intention Trading, dengan tanggal kedaluwarsa 26 Juni 2024. Sementara sambal Ayam Goreng ABC yang ditarik diimpor oleh Distributor Arklife dan memiliki tanggal kadaluwarsa 6 Januari 2024.

“Dua produk ABC yang berasal dari Indonesia itu diketahui mengandung sulfur dioksida,” kata SFA dalam siaran persnya, Selasa, dikutip dari Channel News Asia (CNA), Rabu (7/9/2022).

“SFA juga mendeteksi di dalamnya adanya asam benzoat, yang tidak disebutkan pada label kemasan makanan,” tambah badan itu lagi.

“Namun, kadar sulfur dioksida dan asam benzoat yang terdeteksi berada dalam batas yang diizinkan dalam saus,” jelasnya terkait penarikan Kecap Manis dan Sambal ABC.

Berdasarkan peraturan makanan Singapura, produk makanan yang mengandung bahan yang diketahui menyebabkan hipersensitivitas harus dicantumkan pada label kemasan makanan.

Baca Juga : Diliputi Antusiasme Audiens, Kuliah Umum Menko Airlangga di RSIS dan NUS Singapura Tuai Pujian

Semua bahan dalam makanan kemasan juga harus dicantumkan pada label produk dalam urutan menurun dari proporsi beratnya.

“Konsumen yang telah membeli produk yang terkena dampak, dan yang alergi terhadap alergen, sebaiknya tidak mengkonsumsinya. Konsumen dapat menghubungi tempat pembelian mereka untuk pertanyaan,” tegas SFA. (net/cnbcindonesia)

Editor : Yosep

Berita Lainnya