Lagi, Hujan Deras Bawa Bencana Bagi Kota Bogor

Hujan Deras
Bencana pohon tumbang di Kota Bogor akibat hujan deras yang mengguyur Selasa (6/9/2022) sore.

BOGOR-RADAR BOGOR, Hujan deras yang mengguyur Kota Bogor pada Selasa (6/9/2022) sore pukul 17.00 WIB hingga malam hari menimbulkan sejumlah bencana.

Baca Juga : Polisi Beberkan Motif Pelaku Pencabulan Anak Berkebutuhan Khusus

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, bencana pertama akibat hujan deras terjadi di Jalan Cidangiang, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah.

Sebuah dahan pohon jenis Akasia patah akibat diterjang angin kencang. Dahan pohon yang patah kemudian menutupi sebagian jalan sehingga menimbulkan kemacetan di area tersebut.

Bencana kedua yang terjadi ialah banjir lintasan setinggi 60 centimeter di Jalan Pabuaran, Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor selatan. Banjir tak hanya menggenangi jalan, juga memasuki rumah warga.

Kepala BPBD Kota Bogor, Theo Patrocinio mengatakan banjir tersebut diakibatkan kondisi saluran drainase yang tidak mampu menampung air hujan. Adanya sumbatan sampah juga dinilainya juga memperburuk kondisi drainase.

Bencana akibat hujan deras selanjutnya yakni tanah longsor yang terjadi di wilayah Gang Mesjid dan Gang Pemuda di RT 4 RW 1 Kelurahan Ciparigi Kecamatan Bogor Utara. Akibatnya sebanyak 2 rumah warga terbawa longsor.

Baca Juga : Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Akan Terus Digelar Sampai Jumat

“Rumah tersebut atas nama Isa diisi 2 orang. Kondisinya tidak dapat dihuni, penghuninya sementara dievakuasi ke rumah orang tuanya. Satu lagi atas nama Heri. Rumah itu diisi 4 orang, kondisinya juga tidak dapat dihuni,” papar Theo.

Longsor juga mengakibatkan sebuah rumah terdampak yakni milik I’ah. Kondisi rumah ini nampak mengkhawatirkan terlihat dengan bagian belakang menggantung. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep

Berita Lainnya