25 radar bogor

BISKITA Trans Pakuan Dimahkotai Transportasi Publik Ramah Anak

Ilustrasi Biskita Transpakuan
Ilustrasi Biskita Transpakuan

BOGOR-RADAR BOGOR, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendapat penghargaan atas dinilai baiknya BISKITA Trans Pakuan sebagai transportasi publik ramah anak.

Penghargaan ini diberikan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Bogor. Program konvensi angkot yang dilakukan BPTJ dinilai memenuhi unsur pemenuhan perlindungan dan penghargaan atas hak anak berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 atas perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Ketua KPAID Kota Bogor, Dudih Syiaruddin menjelaskan hasil observasi penilaian langsung, melihat kondisi trek, serta antusiasme dari masyarakat menjadi indikator pemberian penghargaan tersebut.

Baca juga: Menko Airlangga: Posisi Strategis T20 Dorong Aspek Inklusivitas Sebagai Rekomendasi Pemecahan Masalah Global

“Fasilitas yang ada tersebut memungkinkan untuk kita jadikan dan kita dorong sebagai fasilitas yang ramah anak,” katanya.

Dudih mengatakan untuk mewujudkan kota ramah anak perlu tanggung jawab semua pihak termasuk di bidang transportasi. Oleh sebab itu pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan lembaga yang dapat mengoptimalkan sesuai kemampuannya.

“Kami juga akan terus mencari dan memberikan apresiasi kepada pihak manapun untuk sama-sama mewujudkan itu semua,” jelasnya.

Di samping itu, fasilitas yang tersedia di BISKITA Trans Pakuan Kota Bogor memiliki tempat duduk yang nyaman, waktu pemberangkatannya pun relatif cepat dan dilengkapi dengan CCTV.

“Mudah-mudahan masyarakat bisa merasakan pelayanan itu dan mendukung serta memelihara berbagai fasilitas yang sudah ada di kota kita ini yang melibatkan komitmen bersama untuk mewujudkan kota layak anak,” ujarnya.

KPAID Kota Bogor juga akan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengintegrasikan BISKITA Trans Pakuan dengan sekolah-sekolah yang ada di Kota Bogor, sehingga mudah dijangkau dan para pelajar tidak menggunakan kendaraan sendiri.

Plt. Direktur Perumda Transportasi Pakuan Kota Bogor, Rachma Nissa Fadliya merasa senang BISKITA Trans Pakuan mendapat penghargaan tersebut.

“Alhamdulillah kami mendengar informasi bahwa BPTJ diberikan penghargaan BISKITA transportasi publik ramah anak. Pastinya kami ikut senang dan bangga dan berharap Biskita terus bisa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Nissa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor, Iceu Pujiati menekankan, transportasi publik yang ramah anak juga memberikan kontribusi terhadap pemenuhan hak anak di klaster 2, yaitu sarana prasarana. Diharapkan dengan adanya transportasi publik yang ramah anak berarti anak diperhatikan terkait keamanan dan kenyamanannya.

“Ke depan tidak hanya transportasi BISKITA saja yang ramah anak, tapi semua transportasi publik sudah ramah terhadap anak,” jelasnya. (cr1)

Editor: Rany