logo radar

Wapres Argentina Nyaris Ditembak dari Jarak Dekat, Pistol Tiba-Tiba Macet

Wapres Argentina
Momen saat Wapres Argentina, Cristina Fernández de Kirchner, ditodong pistol oleh seorang pria dari jarak dekat. Upaya pembunuhan terhadap Cristina gagal karena pistol pelaku macet. (New York Post)

ARGENTINA-RADAR BOGOR, Percobaan pembunuhan menimpa Wapres Argentina, Cristina Fernández de Kirchner. Ia nyaris ditembak dari jarak dekat oleh seorang pria bersenjata api. Beruntung, aksi tersebut gagal setelah pistol yang digunakan pelaku macet saat dia membidiknya.

Baca Juga : Pasar Eropa dan Amerika Lesu, Ekspor Tanaman Hias Beralih ke Cina

Rekaman video menunjukkan saat Wapres Argentina Cristina Fernández de Kirchner ditodong senjata api di depannya dalam jarak dekat. Kala itu, Cristina tengah berada di luar rumahnya, dikelilingi oleh para pendukungnya dalam perjuangannya melawan tuduhan korupsi.

Polisi mengatakan, pria bersenjata itu diidentifikasi sebagai pria Brasil berusia 35 tahun, dan telah ditangkap. Kini pria tersebut telah ditahan.

Presiden Argentina, Alberto Fernández, mengungkapkan pistol itu diisi dengan 5 peluru, tetapi gagal meletus ketika pelatuk ditekan.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan tiba-tiba pistol muncul dari kerumunan saat Wapres Argentina Cristina Fernández de Kirchner mendekat. Dia awalnya tampak bingung dengan apa yang terjadi dan merunduk untuk mengambil benda yang jatuh di lantai.

Dalam video lain, orang-orang di kerumunan tampak mencoba menghalangi Cristina Fernández de Kirchner dari tersangka pria bersenjata, yang datang berjarak beberapa inci darinya.

Saat kejadian, massa sedang berkumpul di luar rumahnya selama beberapa malam terakhir untuk menunjukkan dukungan saat dia melawan tuduhan korupsi dan terlibat dalam skema untuk mengalihkan dana publik saat dia menjadi presiden kurun 2007-2015.

Pelaku Pernah Ditangkap

Seorang juru bicara polisi sebelumnya mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa sebuah senjata ditemukan beberapa meter dari tempat kejadian setelah pria itu ditangkap.

Polisi menyebut tersangka adalah Fernando Andrés Sabag Montiel, kelahiran Brasil, sementara ibunya dari Argentina. Pelaku sebelumnya juga pernah ditangkap pada 2021 saat membawa pisau 35 cm.

Baca Juga : Kyrie Irving belum Berhenti Jadi Headline Banyak Media Amerika Serikat

Foto dirinya yang diambil dari postingan media sosialnya dan dipublikasikan di situs surat kabar Argentina menggambarkan dia dengan tato yang terkait dengan kelompok neo-Nazi.

Setelah menggeledah apartemennya, polisi menyita dua kotak berisi 100 peluru, menurut penyelidik yang dikutip oleh surat kabar La Nación. Masih belum jelas apa motif pelaku mencoba untuk membunuh Wapres Argentina. (jpg)

Editor : Yosep

Berita Lainnya