25 radar bogor

BBM Bakal Naik, Pemerintah Siapkan Bansos Tambahan Rp24,17 Triliun

Ilustrasi Bansos
Ilustrasi Bansos

JAKARTA-RADAR BOGOR, Harga BBM bakal segera naik. Nah, guna meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan bantuan sosial atau bansos tambahan kepada masyarakat sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM sebesar Rp 24,17 triliun.

Baca Juga : Warga Kota Bogor Gigit Jari, Tak Bisa Isi BBM

”Saya berharap agar bantuan sosial ini dapat meringankan beban masyarakat yang dihadapkan pada tekanan berbagai kenaikan harga,” kata Presiden Jokowi dalam akun Twitter, Selasa (30/8/2022).

Kepala negara menjelaskan, anggaran senilai Rp12,4 triliun itu akan disalurkan berupa bansos Rp 150 ribu yang dibayarkan empat kali kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat.

”Lalu, Rp 9,6 triliun disalurkan kepada 16 juta pekerja dengan gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan, masing-masing Rp 600 ribu,” ucap Jokowi.

Selain itu, lanjut Jokowi, pemerintah daerah akan menggunakan anggaran 2 persen dari dana transfer umum yaitu dana alokasi umum dan dana bagi hasil dalam bentuk subsidi transportasi.

”Dana Rp 2,17 triliun ini disalurkan untuk membantu sektor transportasi seperti angkutan umum, ojek, sampai nelayan,” ucap Jokowi. (jpg)

Editor : Yosep