25 radar bogor

Penggiat Karinding dan Alat Musik Tradisional Kolaborasi

Penggiat Karinding dan Alat Musik Tradisional Kolaborasi
Penggiat Karinding dan Alat Musik Tradisional Kolaborasi

CIAMPEA-RADAR BOGOR, Sejumlah komunitas penggiat karinding se-Bogor Raya melakukan silaturahmi kebudayaan di kawasan Karts Gunung Kapur, Kecamatan Ciampea.

Silaturahmi kebudayaan bertemakan ‘Ruang Riung Reang Karinding’ itu bertujuan untuk menyatukan seluruh para pegiat Karinding dan seniman musik tradisional yang ada di Kabupaten dan kota Bogor.

“Tak hanya karinding, tapi ada juga alat musik tradisional, yang dikobalorasikan dengan musik Kontemporer. Bahkan, pementasan debus juga ditampilkan,” kata Ketua Pelaksana, Egi Abdul Mugni kepada wartawan.

Ia menyebut, Ruang Riung Reang Karinding ini perdana dilakukan dalam rangka merawat kebersamaan para seniman dan budayawan. Hal ini karena pemerintah daerah belum maksimal merawat para seniman dan budayawan yang ada di Kota dan Kabupaten Bogor.

Baca juga: Kolaborasi Dengan Satnarkoba Polres Bogor, AJB Gelar Festival Musik Jalanan Anti Narkoba

“Tujuannya, sebagai ajang silaturahmi, karena kita tidak bisa mengandalkan kehadiran pemerintah yang acuh terhadap keberadaan seniman dan budayawan,” jelasnya.

Sementara, perwakilan Karinding Bogor Hudang (KABOGOH), Asep Sopian Aziz mengaku, acara silaturahmi kebudayaan bentuk kepedulian seniman yang ada di Bogor.

“Ini murni acara kolektif. Berjalannya acara karena kesadaran saudara yang ada di Bogor maupun luar daerah yang peduli terhadap kebudayaan Sunda dan kami patungan untuk acara semewah ini,” tuturnya. (Abi)

Editor: Rany