25 radar bogor

DPR Setujui Naturalisasi, Sandy Walsh dan Jordi Amat Segera Berstatus WNI

Sandy Walsh (kiri) dan Jordi Amat selangkah lagi memperoleh status WNI (Dok/Jawa Pos)

 

JAKARTA-RADAR BOGOR, DPR RI melalui Komisi III menyetujui naturalisasi atau pemberian kewarganegaraan Indonesia kepada dua pesepak bola Jordi Amat dan Sandy Walsh, yang masing-masing berasal dari Spanyol dan Belanda, untuk menjadi warga negara Indonesia.

Baca Juga : Shayne Pattynama Susul Jodi dan Sandy ke Indonesia, Jalani Proses Naturalisasi

“Berarti setuju (Jordi dan Sandy menjadi WNI),” kata Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto di Ruang Rapat Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (29/8), sambil mengetok palu setelah semua anggota Komisi III menyatakan kesepakatannya.

Pernyataan tersebut disampaikan Bambang di penghujung Rapat Kerja dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Menteri Hukum dan HAM serta PSSI. Dalam kegiatan itu, para anggota Komisi III DPR RI menerima alasan untuk menaturalisasi kewarganegaraan Jordi dan Sandy menjadi WNI demi meningkatkan prestasi tim nasional sepak bola Indonesia.

Anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat Hinca Panjaitan menilai bahwa Jordi dan Sandy juga dapat mengangkat semangat masyarakat untuk memberikan dukungan kepada tim nasional Indonesia. “Tentu memang ada pro dan kontra mengenai hal itu. Namun, Indonesia adalah bagian dari sepak bola dunia. Artinya, setiap pemain bebas bermain di mana saja selama memenuhi statuta FIFA dan PSSI,” kata Hinca.

Baca Juga :SMAIT BBS Sabet Dua Juara di Ajang PSSI Futsal

Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej menegaskan bahwa proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah memenuhi regulasi yang berlaku di Indonesia.

Mereka, kata pria yang akrab disapa Eddy Hiariej itu, menjadi WNI sesuai dengan Pasal 20 Undang-undang Nomor 12 tahun 2006. Pasal itu berbunyi, “Orang asing yang telah berjasa kepada negara Republik Indonesia atau dengan alasan kepentingan negara dapat diberi Kewarganegaraan Republik Indonesia oleh Presiden setelah memperoleh pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, kecuali dengan pemberian kewarganegaraan tersebut mengakibatkan yang bersangkutan berkewarganegaraan ganda”.

 

“Mereka diberikan kewarganegaraan Indonesia karena prestasi. Artinya, kemampuan bahasa Indonesia dan menghapal Pancasila dapat berjalan seiring waktu,” tutur Edward.

Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun menyambut baik keputusan Komisi III DPR RI terkait Jordi Amat dan Sandy Walsh. “Keputusan ini menunjukkan dukungan Komisi III kepada sepak bola Indonesia,” ujar Menpora.

Sebagai informasi, Jordi dan Sandy juga menghadiri rapat tersebut secara virtual. Mereka berdua bahkan sempat menyebutkan lima sila Pancasila dengan fasih.

Setelah mendapatkan persetujuan DPR RI, proses pewarganegaraan Jordi Amat dan Sandy Walsh akan diteruskan ke Kementerian Sekretariat Negara untuk disampaikan ke Presiden Joko Widodo. Presiden nantinya akan menerbitkan Keputusan Presiden untuk pewarnegaraan kedua nama tersebut.

Jordi dan Sandy diharapkan secepatnya bisa menjadi WNI agar dapat memperkuat tim nasional Indonesia di laga persahabatan FIFA pada 24 dan 27 September 2022 menghadapi Curacao. (jpc)

 

Editor : Ruri Ariatullah