25 radar bogor

Apresiasi Kejari Audit RSUD Bogor Utara, Asep Wahyuwijaya: Audit Jalan Cigudeg-Kiarasari Juga

Anggota DPRD Jabar, Asep Wahyuwijaya saat kunjungi warga, beberapa waktu lalu. Foto: Hendi/Radar Bogor
Anggota DPRD Jabar, Asep Wahyuwijaya saat kunjungi warga, beberapa waktu lalu. Foto: Hendi/Radar Bogor

PARUNG-RADAR BOGOR, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Asep Wahyuwijaya mengapresiasi aparat Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor yang secara diam-diam mengaudit pembangunan RSUD Bogor Utara. Menurutnya, ini merupakan preseden yang amat positif, bagi upaya penegakan hukum secara mendasar.

“Pengawasan dan pemeriksaan itu tidak selesai dalam ruang administratif saja. Bicara soal status penggunaan keuangan negara itu, tak cukup dengan perolehan opini WTP saja, tetapi bagaimana juga kemanfaatanya untuk rakyat,” ucap Asep Wahyuwijaya atau Kang AW, Senin (29/8/2022).

Dirinya juga berharap, selanjutnya Kejari Bogor pun berkenan melakukan audit fisik pembangunan ruas Jalan Cigudeg-Kiara Sari, Sukajaya. Pasalnya, pembangunannya itu juga anggarannya bersumber dari Pemprov Jabar sama halnya dengan RSUD Bogor Utara.

Baca juga: RSUD Parung Masih Banyak ‘PR’

“Secara kasat mata, saya lihat kualitas pembangunannya pun cenderung buruk dan tak sesuai dengan anggaran yang diberikan oleh Pemprov Jabar,” jelasnya.

Kang AW juga menilai, agar tidak ada syak wasangka berlebihan, kiranya dapat dilakukan audit fisik dapat menjadi instrumen yang menentukan untuk menilai sebuah proyek pembangunan itu layak atau tidak.

“Jadi, cek fisik hingga audit fisik menjadi faktor yang menentukan seberapa optimal kemanfaatan penggunaan anggaran pembangunan itu telah diterima oleh warga,” tukasnya. (cok)

Editor: Rany