Tutup FMP, Ribuan Orang di Bogor Arak Bendera Merah Putih Raksasa

Ribuan Orang di Bogor Arak Bendera Merah Putih Raksaksa
Ribuan Orang di Bogor Arak Bendera Merah Putih Raksaksa

BOGOR-RADAR BOGOR, Rangkaian kegiatan Festival Merah Putih (FMP) 2022 dalam merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI resmi berakhir pada Minggu (28/8).

Kirab Merah Putih menjadi agenda pamungkas FMP 2022 dengan mengarak bendera sepanjang 100 meter, pertanda berakhirnya seluruh rangkaian agenda yang dilaksanakan sebulan penuh selama bulan Agustus

Selain melibatkan masyarakat, kirab merah putih yang dimulai dari Plaza Balaikota itu berakhir di Pusdikzi Kodiklat TNI AD di Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, diikuti oleh Wali Kota Bogor Bima Arya, dan unsur Forkopimda.

Pantauan Radar Bogor, ribuan masyarakat dari berbagai unsur sudah memadati Plaza Balaikota sejak pukul 06.00 WIB, mereka akan mengarak bendera dengan berjalan kaki sejauh 1 kilomter lebih menuju Pusdikzi Kodiklat TNI AD.

Ketua Panitia FMP 2022, Irwan S. Widjaja mengatakan, kirab merah putih sempat vakum selama dua tahun karna pandemi, alhamdulilah tahun ini dapat terlaksana.

Baca juga: Mahasiswa IPB Penerima Beasiswa KSE Manfaatkan Selokan di Situ Gede untuk Budidaya Ikan

Diusia yang kini menginjak tahun ke-7, dilanjutkan Irwan, panitia mengakhiri rangkaian Festival Merah Putih dengan acara Kirab Merah Putih dan di akhiri dengan Upacara Penutupan FMP 2022.

“Alhamdulillah tahun 2022 ini kita laksanakan kembali (kirab merah putih). Dengan dipimpin Jajaran Forkopimda, TNI-Polri, Komunitas, Ormas dan Masyarakat Umum, Sang Merah Putih raksasa berukuran 100 x 6 meter diarak dari Balaikota Bogor menuju Pusdikzi,” kata Irwan S. Widjaja.

Selain mengarak bendera raksasa yang diperkirakan melibatkan ribuan orang itu, penutupan FMP 2022 juga menghadirkan perform drumband, pertunjukan kesenian Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), hingga parade formasi di Pusdikzi.

Selama Agustus 2022, berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan pada event FMP tahun ini. Diantaranya memerahputihkan Kota Bogor dengan pemasangan umbul-umbul di sekitaran Kota Bogor, menghias Lawang Salapan, memerahputihkan Bendung Katulampa, pengibaran dan penurunan Bendera di Tugu Kujang selama satu bulan penuh, Doa Bersama Lintas Agama, Festival Produk Lokal Bogor, Jagotret (jalan, gowes dan motret) serta Donor Darah.

“Di momen perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ini, mungkin hanya di kota Bogor, Upacara pengibaran dan penurunan Bendera dilaksanakn setiap hari selama sebulan penuh sepanjang bulan Agustus tepat di jantung kota Bogor. ” ujarnya.

Ketika Merah Putih berkibar, lagu Indonesia Raya berkumandang, seluruh aktifitas lalu lintas terhenti, warga yang melintaspun berhenti dan melakukan penghormatan bendera dengan khidmat. Ini adalah momen dimana masyarakat benar-benar menghayati arti perjuangan meraih kemerdekaan. “Lanjut Irwan.

Baca juga: Mahasiswa IPB Buat Program MILESTON, Cegah Kelahiran Bayi Stunting

Selain itu, dirinya mengatakan FMP 2022 ini mengangkat tema “Untuk Indonesia Ku” dengan harapan bahwa tema ini dapat membangkitkan semangat kebhinekaan dan kebangsaan. Dari Kita Untuk Bogor, dari Bogor untuk Indonesia”.

“Harapan kami selaku panitia, seluruh masyarakat dapat menikmati kemeriahan acara ini untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan atas negri kita yang tercinta, Indonesia,” imbuhnya.(ded)

Editor: Rany

Berita Lainnya