25 radar bogor

Car Free Day Kota Bogor Akan Dipindah, Ini Lokasi Barunya

Car Free Day
Kawasan Car free day di Jalan Sudirman rencananya akan dipindah ke seputaran SSA.

BOGOR-RADAR BOGOR, Hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) di Kota Bogor yang biasa dilaksanakan setiap Minggu pagi, direncanakan akan dipindahkan ke lokasi baru.

Baca Juga : Pria Diduga ODGJ Tergeletak Lemas di Jalan, Dievakuasi Dinsos ke RSMM

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Eko Prabowo mengatakan rencana ini datang dari tantangan Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

“Ini masukkan dari beliau, tapi minta dikaji dulu oleh kami. Untuk Car Free Day nantinya akan dilakukan di area Sistem Satu Arah (SSA) mulai dari Jalan Otista, Jalan Juanda, sampai ke Jalan Jalak Harupat,” tutur Eko kepada Radar Bogor.

Namun rencana tersebut masih dalam proses pengkajian pihak Dishub Kota Bogor. Pengkajian ini akan berlangsung selama 5 pekan.

“Masih dikaji, karena di sekitar lokasi tersebut ada simpul Biskita sehingga perlu koordinasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Mungkin nanti bis bisa melintas setiap hari minggu setelah pelaksanaan CFD selesai,” paparnya.

Pemindahan lokasi disebabkan beralihnya konsep Car Free Day pada saat pelaksanaannya. Konsep penyediaan ruang untuk olahraga justru lebih dimanfaatkan para Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk berjualan.

“Kalau di Sudirman banyaknya PKL. Kita maunya menyediakan waktu 2-3 jam betul-betul untuk area publik,” ucapnya.

Baca Juga : Belum Setahun, Penumpang Biskita Trans Pakuan Tembus 360 Ribu Orang

Eko juga berencana akan bekerja sama dengan Mall untuk buka lebih awal sehingga wisatawan yang berasal Jakarta bisa memarkirkan kendaraannya.

“Untuk arus kendaraannya nanti yang dari arah Rumah Sakit PMI Bogor diarahkan untuk tetap lurus di Jalan Pajajaran,” papar Eko. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep