25 radar bogor

Rekomendasi Kota Wisata yang Ada di Indonesia

Ilustrasi wisata tahun baru
Ilustrasi wisata tahun baru

TIDAK terasa, sudah setengah lebih perjalanan selama 2022 terlewati. Apa Anda sudah memiliki rencana akan wisata ke mana untuk merayakan pergantian tahun baru nanti? Meskipun masih beberapa bulan menjelang akhir tahun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempersiapkan hal-hal yang Anda butuhkan untuk merayakan pergantian tahun baru.

Beberapa di antaranya seperti menyiapkan bujet tahun baru hingga menentukan kota yang akan Anda pilih untuk menghabiskan malam tahun baru.

Tak hanya bujet liburan dan kota wisata, Anda juga perlu memikirkan untuk tiket pesawat terbang hingga akomodasi penginapan yang akan Anda pilih selama masa liburan. Untuk tiket pesawat terbang sendiri tidak perlu Anda khawatirkan, karena ada banyak sekali pilihan maskapai penerbangan yang ada di Indonesia.

Maskapai penerbangan tersebut dapat Anda cek ketersediaannya melalui Traveloka. Salah satu maskapai penerbangan yang menawarkan harga tiket pesawat murah adalah Air Asia. Hal ini berlaku untuk tiket pesawat internasional Air Asia atau tiket pesawat perjalanan domestik.

Terkait masalah tempat liburan, Indonesia bisa dibilang memiliki banyak pilihan kota wisata yang dapat Anda kunjungi selama waktu liburan. Apabila Anda belum memutuskan akan pergi ke mana selama liburan tahun baru, berikut ini rekomendasi kota wisata yang ada di Indonesia yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan.

1.   Malang

Rekomendasi kota wisata yang pertama dapat Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan adalah Malang. Sebagai salah satu kota pelajar dan sebagai tempat asal dari Apel Malang, banyak orang memilih Malang karena memang suasana yang ditawarkan sangat menggugah hati dan menenangkan pikiran.

Selama di Malang, Anda tidak perlu khawatir bingung memilih tempat wisata. Karena, Malang memiliki beragam destinasi wisata mulai dari yang berbau alam hingga teknologi. Malang akan sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai destinasi kota wisata berikutnya apabila Anda ingin menghabiskan akhir tahun bersama keluarga tercinta.

2.   Yogyakarta

Rekomendasi kota wisata selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan, yaitu tentu saja Yogyakarta. Daerah tempat Kesultanan Yogyakarta ini juga menjadi salah satu kota pelajar dan kaya akan kultur dan budaya yang bahkan hingga saat ini masih dipertahankan oleh masyarakatnya.

Yogyakarta sendiri juga menjadi salah satu kota wisata dengan berbagai makanan khas dan ciri khas yang sangat melekat dan kental kita kenal selama ini. Sebagai kota wisata, Yogyakarta juga memiliki area wisata signature yang wajib Anda kunjungi ketika pergi ke Yogyakarta.

Jangan lupa menikmati jajanan dan kuliner khas Yogyakarta seperti bakpia, gethuk, gudeg, yangko, wedang uwuh, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3.   Sumatera Barat

Bergeser dari Pulau Jawa kita dapat memilih Sumatera Barat sebagai salah satu kota wisata dengan segudang makanan enak yang bahkan kini sudah banyak sekali kita temukan di kota-kota sekitaran Jawa.

Sumatera Barat terkenal akan ciri khas makanannya yang berlemak, pedas, dan tentunya akan sangat menggugah selera. Salah satu makanan khas yang penikmatnya sudah menembus pasar internasional dari Sumatera Barat adalah rendang, nasi padang, dendeng batokok, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sumatera Barat juga terkenal akan keindahan alamnya yang sangat memesona. Bergeser sedikit dari satu tempat ke tempat yang lainnya, Anda akan dengan mudah beragam jenis wisata alam mulai dari berbagai pilihan pantai, pulau-pulau yang indah, dan pesona laut yang sangat menyejukkan mata.

4.   Sumatera Utara

Selain Sumatera Barat, Pulau Sumatera juga memiliki banyak daerah lainnya yang wajib Anda kunjungi dan bisa Anda jadikan sebagai referensi lokasi wisata liburan, yaitu Sumatera Utara. Ketika kita mendengar kata Sumatera Utara, kita akan langsung teringat dengan kota Medan dan ciri khas orang-orangnya yang sangat kental, yaitu logat orang Medan.

Orang Medan memiliki ciri khas logat dengan intonasi keras. Akan tetapi, hal ini bukan serta merta menunjukkan bahwa orang Medang merupakan orang yang keras dan kasar. Ini memang ciri khas yang disebabkan oleh daerah yang di sekitarnya berjarak cukup jauh, sehingga orang-orangnya mau tidak mau harus berbicara cukup keras ketika berhadapan dengan individu lainnya.

Sumatera Utara juga penuh akan makanan khas seperti Bakpia Ambon, atau tempat wisata seperti Pulau Samosir dan Danau Toba.

5.   Bali

Rekomendasi tempat wisata terakhir yang dapat Anda kunjungi di Indonesia adalah Bali. Siapa yang tidak kenal dengan Bali? Pulau ini bahkan mendapatkan julukan sebagai surga dunia oleh para turis mancanegara. Bali penuh dengan keberagaman pesona dan keindahan alamnya yang masih sangat lestari. Bali juga terkenal akan kultur dan budayanya yang masih sangat terjaga, sehingga orang-orang merasa nyaman untuk kembali lagi dan lagi ke Bali.

Nah, itulah beberapa rekomendasi kota wisata di Indonesia yang dapat Anda kunjungi saat tahun baru. Sudah siap untuk merayakan tahun baru di kota wisata pilihan yang ada di atas?. (*)

Editor : Yosep