25 radar bogor

Tips Memilih Material Terbaik Dari Toko bangunan Online

Deretan rumah hunian tetap di Cigudeg pasca bencana awal tahun 2020 lalu. Pemkab Bogor masih merencanakan pembangunan hunian tetap tahap dua.
Ilustrasi. Deretan rumah hunian tetap di Cigudeg pasca bencana awal tahun 2020 lalu. Pemkab Bogor masih merencanakan pembangunan hunian tetap tahap dua.

RADAR BOGORToko bangunan merupakan sebuah tempat yang menyediakan berbagai jenis bahan bangunan untuk keperluan pembangunan. Kita juga tahu bahwa memilih bahan bangunan berkualitas merupakan tahap penting dalam sebuah proyek pembangunan namun renovasi.

Secara teknis salah satu faktor utama yang berpengaruh pada kualitas bangunan adalah pemilihan bahan bangunan. Disamping faktor seperti pekerjaan tukang, dengan bahan bangunan berkualitas dan tukang yang berpengalaman tentunya kualitas bangunan juga akan mengikuti.

Tips Memilih Material Terbaik Dari Toko bangunan

Meskipun Anda bukan seorang yang ahli dalam bidang konstruksi, sebaiknya Anda juga perlu mengetahui hal ini bila ingin membangun rumah sendiri atau bangunan lainnya. Dengan begitu Anda tidak akan mudah tertipu atau dapat menentukan sendiri mana bahan bangunan yang berkualitas baik. Untuk lebih jelasnya berikut tips menentukan material terbaik dari toko bangunan :

1. Memilih pasir berkualitas

Pasir merupakan salah satu material penting dalam proyek pembangunan, pastikan Anda memilih pasir dengan kandungan lumpur yang rendah kurang dari 5%. Sebab kandungan lumpur di dalam pasir akan membuat ikatan pasir dan semen menjadi tidak atau kurang kuat.

Untuk mengetahuinya Anda dapat mengambil sampel pasir sebanyak satu genggaman tangan. Genggam dengan cukup kuat, apabila pasir terasa agak tajam di telapak tangan maka itu artinya kadar lumpur dalam pasir sedikit. Selain itu pasir yang baik juga tidak akan menggumpal.

Umumnya jenis pasir ini sering ditemukan pada sungai atau danau yang bagian hulunya ada di puncak gunung berapi sehingga pasir ini sendiri merupakan material vulkanik hasil erupsi. Ketika memasuki musim penghujan, jenis pasir ini akan hanyut turun terbawa aliran air sehingga pada musim tersebut pasir ini mudah didapatkan.

2. Memilih batu pondasi berkualitas

Batu yang baik digunakan untuk pondasi adalah jenis batu belah yang merupakan hasil pemecahan dari batu bulat berukuran besar. Jenis batu ini ada yang berupa batu putih kecoklatan dan batu hitam, umumnya batu ini didapatkan di daerah sekitar gunung berapi aktif maupun perbukitan.

Jenis batu belah ini memang sangat direkomendasikan untuk bagian pondasi sebab bentuk belahannya sendiri akan saling mencengkeram kuat antara satu dengan lainnya. Tidak disarankan untuk menggunakan batu bulat dikarenakan daya cengkeramnya yang tidak sebaik batu belah sehingga rawan digunakan untuk pondasi.

3. Memilih besi beton berkualitas

Besi beton merupakan material yang dibutuhkan bila Anda ingin membuat bangunan tegangan tinggi seperti bangunan bertingkat. Besi beton berkualitas mudah untuk ditemukan, Anda cukup meminta besi beon yang telah ber-SNI kepada toko bangunan.

Beberapa jenis besi beton terbaik adalah besi beton Krakatau Stell dan Cakratunggal Steel. Tanda lainnya dari besi beton berkualitas adalah ukurannya yang valid, jadi bila Anda membeli besi beton berukuran 8 mm maka ukuran aslinya sesuai. Bila ukuran asli tidak kurang dari ukuran tertulis atau tidak ada toleransi itu berarti besi beton tersebut berkualitas baik.

4. Memilih batu bata berkualitas

Hingga saat ini, batu bata masih menjadi material yang digunakan untuk membangun struktur dinding, pagar dan bagian bangunan lainnya. Jenis batu bata yang masih banyak digunakan adalah yang terbuat dari tanah liat yang dicetak kemudian dibakar hingga warnanya merah kecoklatan.

Kita dapat menguji kualitas batu bata dengan mengetuknya dan dengarkan suara yang muncul, bila berkualitas baik maka suaranya akan terdengar nyaring. Kemudian saat diangkat batu bata juga akan terasa ringan namun mempunyai pori-pori yang padat.

Selain itu, Anda juga dapat merendamnya selama sekitar 24 jam dan bila berkualitas baik maka batu bata tidak akan menyerap air rendaman lebih dari sepersepuluh. Bila batu bata tidak mempunyai ciri-ciri ini umumnya batu bata akan mudah pencah dan hancur. Karenanya pastikan Anda membeli batu bata dengan ciri pada toko bangunan.

5. Memilih papan gipsum berkualitas

Jenis papan gipsum di jaman sekarang ini banyak diminati untuk menjadi pengganti dinding konvensional yang dibuat menggunakan batu bata maupun beton ringan. Sebab jenis papan ini mempunyai beberapa keunggulan seperti lebih tahan api, tahan lembab, fleksibel, ringan hingga mudah dipasang.

Bila Anda berminat menggunkannya sebaiknya pilih papan dengan permukaan yang benar-benar lurus atau tidak bergelombang serta tidak ada gumpalan, tidak mudah patah dan retak ketika terbentur. Selain itu idealnya papan dengan ketabalan 9 mm beratnya tidak lebih dari 15 kg. Pastikan pula papan gipsum yang akan dibeli dari toko bangunan mempunyai kestabilan yang baik untuk digunakan sebagai sekat ruangan.

6. Memilih genteng berkualitas

Material penting lainnya adalah genteng yang akan melindungi bangunan dari terik panas, hujan serta kotoran. Ada berbagai jenis genteng dipasaran mulai dari genteng tanah liat, beton, metal, keramik dan berbagai jenis lainnya. Genteng yang baik tentunya harus dapat melindungi bagian dalam bangunan, awet, tidak mudah pudar warnanya, tahan cuaca hingga dapat memberikan kenyamanan.

Salah satu jenis genteng terbaik yang dijual di toko bangunan adalah genteng keramik. Sebab jenis ini sudah teruji daya tahannya, kita dapat melihatnya pada bangunan kuno joglo jawa, kuil-kuil Cina dan Jepang. Genteng ini dibuat melalui proses pembakaran dalam suhu tinggi yang mencapai ribuan derajat bahkan puluhan ribu.

Kita dapat menguji genteng keramik dengan mengetuknya, apabila suaranya nyaring maka genteng berkualitas baik. Pastikan pula genteng mempunyai ukuran yang sama, tidak ada retakan dan pembakarannya sempurna. Apabila Anda memilih genteng yang berwarna, pastikan menggunakan material pewarna glazur sebab jenis pewarna ini lebih tahan lama dibandingkan cat.

7. Memilih keramik berkualitas

Keramik dengan berbagai pilihan warna, ukuran, motif dan tekstur lebih banyak dipilih karena harganya yang lebih murah dibandingkan jenis lantai dari batuan alam, granit dan porselain. Untuk menyingkat waktu pemasangan sebaiknya gunakan keramik berukuran besar.

Keramik yang berkualitas baik umumnya akan mempunyai bobot yang cukup berat karena keramik mempunyai kepadatan dan kekuatan yang baik. Selain itu pastikan toko bangunan menyediakan keramik yang tidak meninggalkan jejak ketika diusap dengan jari, tahan goresan serta ukurannya yang presisi. Ukuran yang presisi nantinya akan memudahkan dalam proses pemasangan sehingga lebih cepat dan rapi.

Dapatkan Material Terbaik Melalui Toko bangunan Online

Sebelumnya mungkin yang kita tahu untuk membeli bahan bangunan harus datang langsung ke toko bangunan secara langsung. Namun kini telah hadir marketplace khusus yang menjadi platform jual beli online untuk berbagai jenis bahan bangunan dari berbagai toko atau depo bangunan yang bergabung di dalamnya.

Salah satu yang terbaru adalah ukur.com yang menyediakan berbagai bahan bangunan berkualitas untuk bangunan Anda dari berbagai toko terpercaya. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kualitas bahan bangunan yang ada di ukur.com, sebab platform ini telah bekerja sama dengan banyak toko bangunan terpercaya dari berbagai kota.

Jadi bila lokasi pembangunan Anda jauh dari toko bangunan maka tidak perlu khawatir karena semua bisa dilakukan secara online. Dengan platform ini juga akan memudahkan Anda untuk membandingkan harga dari satu toko dengan toko lain. Dapatkan bahan bangunan terbaik untuk bangunan Anda dengan harga terbaik di kota Anda bersama ukur.com. (*)

Editor: Rany