25 radar bogor

SMK Wikrama Bogor Sabet Juara di Business Simulation Competition

SMK Wikrama Bogor Sabet Juara di Business Simulation Competition
SMK Wikrama Bogor Sabet Juara di Business Simulation Competition

BOGOR-RADAR BOGOR, Tim Wcyna SMK Wikrama berhasil memenangkan hadiah jutaan rupiah usai mengalahkan seluruh lawannya di Business Simulation Competition yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pakuan (Unpak) dan Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Pakuan Bogor.

Event ini merupakan ajang edukasi dan kompetisi simulasi di bidang bisnis. Para peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMA dan SMK Kota dan Kabupaten Bogor ini diajak untuk berkompetisi menjalankan sebuah perusahaan dalam bentuk simulasi di platform MoonsoonSIM.

Baca juga: Heboh, Tengkorak Manusia Ditemukan di Bawah Jembatan MA Salmun

Tim Wcyna berhasil mengalahkan seluruh peserta yang berjumlah 13 tim pada babak kualifikasi 1, kualifikasi 2, dan babak final yang berlangsung di Auditorium Gedung Manajemen FEB-Unpak pada Sabtu (13/8).

Uniknya anggota dari tim Wcyna seluruhnya adalah seorang perempuan. Tim ini terdiri atas Dara Ziva Tabina, Ardelia Azzarina, Monalisa Situmorang, Neva Oktavia Ramadhina, serta Stevani Putri.

Berkat pencapaiannya tersebut tim ini membawa pulang hadiah piala bergilir, uang tunai sebesar Rp1,5 juta dan beasiswa yang diberikan pihak Perumda Tirta Pakuan sebesar Rp10 juta.

Diposisi kedua ditempati oleh tim Berkah Inka yang berasal dari SMA Insan Kamil dan posisi ketiga ditempati Tim Triasih Anja yang berasal dari SMAN 8 Kota Bogor.

Baca juga: Ribuan Angkot di Bogor Dibekukan Dishub, Organda Ungkap Penyebabnya

Ketua Umum Business Simulation Club, Muhamad Segafi Kurniawan mengatakan, kompetisi ini juga digelar untuk menumbuhkan kemampuan serta memperluas wawasan siswa dalam bidang pengelolaan dan strategi bisnis dalam menghadapi tantangan persaingan global khususnya untuk menjadi seorang pelaku bisnis.

“Tidak hanya memberi kompetensi di bidang bisnis melainkan juga menumbuhkan kerja sama tim, kemampuan berpikir kritis, serta komunikasi dalam diri para peserta,” imbuhnya.

Dirinya menuturkan sebelum berkompetisi para peserta juga diberikan edukasi melalui workshop yang dilaksanakan saat pembukaan acara pada Senin (8/8). Selanjutnya para peserta mendapatkan monitoring secara online selam 3 hari pada tanggal 10-12 Agustus 2022.

Baca juga: Indonesia Sukses Swasembada Beras, Hadiah HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan, Rino Indira Gusniawan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya event tersebut penting dilaksanakan untuk memberi pendampingan tentang pelaksanaan bisnis sedari dini bagi siswa-siswi SMA dan SMK.

“Kolaborasi ini yang saya idam-idamkan sejak dulu. Saya dulu sempat menutup mimpi untuk berbisnis karena tidak tau ilmu bisnis dan tidak ada kegiatan simulasi seperti ini saat itu,” ucapnya.

Rino berharap event ini menjadi ajang pengembangan potensi kemampuan berbisnis bagi siswa-siswi di Kota dan Kabupaten Bogor. “Ini bisa jadi tempat mereka untuk implementasi teori yang sudah dipelajari. Saya yakin para pemuda Indonesia bisa menggapai Indonesia maju di tahun 2045,” tegasnya. (cr1)

Editor: Rany