25 radar bogor

PRB Minta PBJ Setda Transparan

Johan
Ketua LSM PRB Johan Pakpahan menyoroti penahanan ijazah siswa salah satu SMAN di Cibinong.

BOGOR—RADAR BOGOR, Peduli Rakyat Bogor (PRB) menyoroti Bagian Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bogor. Ini setelah ada dugaan oknum tim sukses calon bupati meminta agar perusahaan yang dibawanya menang dalam tener proyek SD Lumpung Parung.

“Kami mendesak agar Kabag PBJ Setda Pemkab Bogor transparan, paket mana saja yang ditetapkan pemenang, pokok pokok pikiran (Pokir) DPRD Kabupaten Bogor dan sudah arahan Kadisdik yang mana saja sehingga ada kejelasan jangan sampai ada kebohongan publik,’’ kata Ketua PRB, Johan Pakpahan.

Baca juga: Kejari Ajak SMAN 2 Cibinong dalam Program Jaksa Sahabat Pelajar

Menurut dia, lelang terbuka saat ini diduga hanya formalitas saja. Dirinya pun meminta penegak hukum agar memeriksa server unit layanan pengadaan barang dan jasa agar jelas mana proyek yang di tender formalitas dan tidak sesuai undang undang komisi pengawas persaingan usaha (KPPU).

“Misalnya saja proyek pembangunan SD 02 Lumpung Parung malah ada intervensi oleh oknum yang mengaku tim sukses calon bupati, hal ini mengakibatkan terkatung katung karena pengaturan sistem,” tegas M. Johan Pakpahan yang juga politisi PDI Perjuangan ini.

Baca juga: Resmi, Alfamart Tunjuk Hotman Paris Hutapea Bela Pegawainya

Dirinya juga meminta agar KPK turun tangan mengusut tuntas proyek Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor APBD tahun 2022. Terlebih keberadaan PBJ Setda yang seharusnya fair dalam melaksanakan pengadaaan barang dan jasa tak boleh ada orang luar yang melakukan intervensi.

“Sampai sekarang PBJ Setda tidak jelas jadwal perubahan dan terkatung katung. Ini membuat yang ikut tender kebingungan ini akibat adanya dugaan persekongkolan ULP, Dinas Pendidikan dan dengan oknum yang mengaku tim sukses calon bupati,’’tegasnya. (unt)

Editor: Rany