25 radar bogor

Kejari Ajak SMAN 2 Cibinong dalam Program Jaksa Sahabat Pelajar

BOGOR-RADAR BOGORKejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor perdana mengundang SMAN 2 Cibinong untuk hadir langsung di Kantor Kejari dan mengenal lebih dekat dengan Kejaksaan Negeri Kab.Bogor melalui kegiatan Jaksa Sahabat Pelajar. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan “Jaksa Masuk Sekolah” yang sudah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan Jaksa Sahabat Pelajar ini merupakan wujud nyata dan langkah strategis yang efektif untuk mengenalkan  berbagai hal terkait Penyuluhan Hukum kepada para Pelajar. Para Pelajar berkesempatan mengenal lebih dekat Kajari Kabupaten Bogor, Agustian Sunaryo SH,CN,MH, beserta jajarannya.

Baca juga: Resmi, Alfamart Tunjuk Hotman Paris Hutapea Bela Pegawainya

Dalam sambutannya Kajari Kabupaten Bogor, Agustian Sunaryo menyampaikan bahwa Program Jaksa Sahabat Pelajar ini merupakan komitmen Kejaksaan RI dalam meningkatkan kesadaran hukum kepada warga negara khususnya masyarakat yang saat ini berstatus sebagai pelajar. Kegiatan ini memperkaya wawasan dan pengetahuan para pelajar tentang hukum dan perundang-undangan,  serta menciptakan generasi baru taat hukum untuk tujuan KENALI HUKUM JAUHKAN HUKUMAN.

“Kejaksaan yang merupakan lembaga pemerintah yang menjalankan kekuasaan di bidang penegakan hukum, mempunyai tanggung jawab moril memajukan generasi muda, khususnya para pelajar untuk senantiasa mengerti dan memahami tentang hukum dan permasalahannya,” jelasnya.

Ia  memandang bahwa para pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang kelak akan sangat berperan untuk turut menegakan hukum dan membangun NKRI.

Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor yang memiliki moto kerja “Bekerja dengan Hati, Tanpa Basa Basi, No intimidasi”, mengharapkan para pelajar SMAN 2 Cibinong kelak ada yang menjadi Jaksa atau penegak hukum lainnya, yang akan turut memajukan Bangsa Indonesia.Masa depan suatu bangsa dan negara  sangat ditentukan oleh generasi muda yang cerdas berkarakter, yang memiliki kapabilitas yang mumpuni di masa yang akan datang.

Salah satu pelajar SMAVO yang hadir sekaligus Ketua MPK, Andhika menyampaikan kesan dalam mengikuti kegiatan “Jaksa Sahabat Pelajar” sangat senang sekali terlebih lagi diawali dengan momen penyambutannya sangat ramah sekali sejak dari Lobby, lalu bapak/ibu yang ada di kejaksaan pun sangat mengayomi sekali kepada Pelajar SMAN 2 Cibinong.

“Dan yang terpenting lagi, kami bersyukur sekali bisa menjadi perwakilan dari MPK OSIS SMAN 2 Cibinong yang mengikuti kegiatan “Jaksa Sahabat Pelajar” dimana kami diperkenalkan dengan banyak hal terkait Kejaksaan serta dapat menambah ilmu. Semoga dari perwakilan MPK OSIS dapat mengamanahkan ilmu yang didapat kepada teman-teman yang ada di SMAN 2 Cibinong”, terangnya kepada Radar Bogor.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua OSIS SMAVO  Faiz Ridwansyah Kesan-kesan selama mengikuti acara jaksa sahabat pelajar pastinya sangat senang sekali bisa mendapatkan kesempatan tersebut, banyak sekali manfaat dan keseruan dan juga banyak yang  didapat selama mengikuti acara tersebut.

“Kita jadi mengenal dekat seperti apa kejaksaan itu, banyak agenda menarik dari kegiatan ini yaitu ada penyuluhan materi serta tanya jawab terkait tentang hukum dan juga kita diajak room tour mengelilingi ruangan-ruangan yang ada di dalam kantor kejaksaan. Pastinya seru banget acara kejaksaan sahabat pelajar ini.”, Tuturnya.

Disamping acara yang seru dan juga menarik, lanjut dia pelayanan yang diberikan dari staff-staff yang ada di kejaksaan juga sangat ramah dan baik, sehingga tidak ada hal yang membuat takut selama berada di kantor kejaksaan.

“Kami sangat berterimakasih kepada Kejari Kab.Bogor yang sudah menghadirkan kegiatan keren ini, sehingga kami selaku pelajar dapat lebih memahami tentang Hukum di Indonesia”, ungkapnya.

Sementara, Kepala Sekolah SMAN 2 Cibinong, Hj.Elis Nurhayati, M.Pd. menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kajari Kabupaten Bogor yang telah mengundang SMAN 2 Cibinong untuk hadir langsung di Kejari Kabupaten Bogor dalam kegiatan “Jaksa Sahabat Pelajar”

“Semoga para pelajar SMAVO lebih termotivasi untuk belajar lebih giat lagi, dan kelak akan ada lulusan-lulusan  SMAVO yang turut andil dalam menegakan Hukum di Indonesia dengan menjadi Jaksa atau Aparat Pemerintah lainnya yang cerdas berkarakter, amanah, serta mengusung tinggi birrul walidain dan qurrota a’yun, sebagai kunci sukses meraih mimpi di masa yang akan datang. Hal ini sejalan dengan makna dari  SMAVO: SMART, MILLENNIALS, AWESOME, VISIONER, OUTSTANDING. Para Pelajar SMAVO harus cerdas, kekinian, keren/ berprestasi, visioner, dan terkenal, serta memiliki Profil Pelajar Pancasila seperti yang diamanahkan pada Program Sekolah Penggerak (PSP) saat ini”, pungkasnya.

Pada saat kunjungan , Para pelajar SMAN 2 Cibinong berkesempatan bertanya banyak hal terkait hukum di Indonesia dan peristiwa-peristiwa penting yang sedang  ditangani Kepolisian, KPK, dan Kejaksaan saat ini, yang sedang menjadi trending topic. Setelah kegiatan edukasi hukum dan tanya-jawab, dilanjutkan dengan kegiatan touring ke seluruh divisi yang ada di Kejari Kab.Bogor. (pem)