25 radar bogor

Kappas Kota Bogor Fasilitasi Puluhan Pasutri Ikut Sidang Isbat Nikah Massal

BOGOR-RADAR BOGOR, Komunitas Perempuan Peduli Sosial (Kappas) Kota Bogor memfasilitasi puluhan pasangan suami istri (Pasutri) ikut Sidang Isbat Nikah Massal secara gratis di Pengadilan Agama (PA) Bogor,  Jumat (12/8/2022).

Ketua Kappas Kota Bogor, Henti Eko Palupi mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian Kappas kepada masyarakat yang sudah sah menikah secara agama, namun belum diakui secara hukum oleh negara.

“Dengan sidang ini, mereka bisa mendapat buku nikah dari Kementerian Agama. Selanjutnya, mereka dapat mengurus surat administrasi kependudukan seperti kartu keluarga (KK), dan akta kelahiran anak dengan mudah,” ujar Henti.

Baca juga: Isbat Nikah Massal, Pasutri Ini Dapat Hadiah Umrah dari Bima Arya 

Selain itu, dirinya berharap dengan pemberian fasilitas tersebut para peserta yang datang dari keluarga prasejahtera ke depannya bisa tercatat dan mendapatkan bantuan-bantuan yang diberikan oleh pemerintah.

Hal ini juga diakuinya sebagai langkah melindungi perempuan dan anak hasil perkawinan tersebut agar mendapat haknya, seperti hak waris.

Setelah menjalani sidang tersebut, para peserta  mendapatkan buku nikah yang akan diberikan bersamaan dengan pelaksanaan acara Nikah Massal di Hotel Mirah yang juga digelar Kappas pada Sabtu (20/8/2022) mendatang.

“Sebetulnya calon peserta sidang ada 40 orang, tapi yang lolos administrasi hanya 22 orang. Sedangkan untuk peserta nikah massalnya nanti ada 10 pasangan. Seluruhnya berasal dari Kota Bogor,” paparnya.

Dirinya berharap dengan dilaksanakannya rangkaian acara tersebut diharapkan masyarakat bisa mendapatkan hak-haknya. (cr1)

Editor: Rany