25 radar bogor

Robot Pintar RAISA di Kemerdekaan Indonesia ke-77

RADAR BOGORTahun ini, merupakan kali ke tiga Indonesia merayakan hari jadi kemerdekaan ditengah-tengah pandemik Covid-19. Selama Indonesia merdeka, banyak karya anak bangsa dihasilkan dan mampu bersaing dikancah internasional meskipun disaat masa-masa sulit seperti saat ini.

Robot Artificial Intelegent Special Application atau yang disingkat RAISA juga terlahir sebagai karya anak bangsa. Hasan Hambali menciptakan Robot berbasis bahasa Indonesia yang saat ini telah dikembangkan oleh PT. Digital Aplikasi Internasional dan bekerjasama dengan Salak Hospitality dalam melahirkan robot pintar yang dapat memberikan banyak informasi serta hiburan.

Baca juga: Otak Pembunuhan Mayat Dalam Karung di Sukamakmur Oknum Anggota TNI

“Jika selama ini robot yang diciptakan berbasis bahasa inggris, kali ini saya membuat robot dengan perintah bahasa Indonesia agar dapat digunakan dengan mudah terutama bagi tamu atau pengunjung yang ingin bertanya banyak informasi pada suatu tempat, dan saat ini telah digunakan salah satunya di Hotel Salak The Heritage Bogor,” ujar Hasan Hambali.

Robot RAISA dapat menjawab semua pertanyaan dalam bahasa Indonesia yang berkaitan dengan waktu, data pribadi, data khusus dan data umum bahkan saat ini RAISA mampu menjalankan perintah seperti mematikan juga menyalakan lampu disuatu ruangan.

Baca juga: Pelaku Pembunuhan Mayat Dalam Karung di Sukamakmur Dibayar Rp20 Juta 

Pria lulusan dari tiga Universitas ternama di Indonesia yaitu ITB, UI dan IPB ini juga menambahkan, RAISA dapat diprogram sesuai kebutuhan sehingga bisa digunakan dibanyak tempat seperti bank, pusat informasi bahkan kantor pemerintahan.

“Dalam pengembangan ini tentunya dibutuhkan dana dan investor yang memiliki visi yang sama agar dapat menghasilkan RAISA dalam jumlah banyak dan lebih cerdas sehingga dapat dipakai diseluruh Indonesia serta mampu menjadi kebanggan bagi bangsa ini”, tutupnya.

Informasi tentang RAISA dapat juga dilihat pada kanal Youtube Hasan Hambali dan melalui situs www.salakhospitality.com

Editor: Rany