25 radar bogor

Mengenang 120 Tahun Bung Hatta, Sosok Nasionalis Penuh Keteladanan

Talkshow 120 Tahun Hatta: Bangkit Bersama Literasi yang diselenggarakan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta secara hybrid, pada Kamis (11/8/2022). (IST)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Proklamator kemerdekaan bangsa, Mohammad Hatta, merupakan sosok yang nyaris sempurna sebagai seorang pemimpin. Bung Hatta memiliki kemampuan yang seimbang yakni membaca dan menulis serta mendengar dan berbicara.

“Itu adalah contoh, kita jangan hanya mau bicara saja tanpa mau mendengarkan dan jangan juga kita hanya membaca saja, tapi tulis juga hasil bacaannya,” ujar wartawan sekaligus penulis biografi, Hasril Chaniago, dalam talkshow 120 Tahun Hatta: Bangkit Bersama Literasi yang diselenggarakan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta secara hybrid, pada Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Mau Ekonomi Pulih ? Simak Cara Bung Karno dan Bung Hatta Atasi Krisis

Dia menambahkan, Bung Hatta juga merupakan sosok yang mempraktikkan nilai-nilai keagamaan yang dianutnya. Proklamator negara yang lahir pada 12 Agustus 1902 tersebut, menerapkan nilai keislaman dalam keseharian yakni tepat waktu, disiplin, jujur, sederhana, serta hemat.

Hal ini senada dengan kisah yang disampaikan putri ketiga Bung Hatta, Halida Hatta. Dia menyebut, sejak kecil ayahnya sudah mengajarkan nilai kesederhanaan dan komunikasi yang baik di dalam keluarga. Sederhana memiliki makna, makan sehat hingga kehidupan yang ditata dengan baik. Sedangkan komunikasi yang baik adalah ketika ayah, ibu, dan kedua saudarinya menjalin interaksi hangat.

“Ketika diberi hadiah buku, itu adalah sebuah kemewahan bagi kami karena di situ kami membaca sekaligus berinteraksi. Jadi itulah hal yang mungkin sederhana tapi juga kaya. Sesuatu yang tidak berlebih dan membumi tetapi secara tidak langsung kita bisa mendapatkan pencerahan yang luar biasa,” kenangnya.

Baca Juga : Bertemu Perantau Minang, Ma’ruf Amin Merasa Ada Kemiripan dengan Bung Hatta

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, menjelaskan Bung Hatta dan Bung Karno sangat mencintai rakyatnya saat menjalankan kepemimpinan. Ketika sedang berselisih, keduanya tidak menunjukkan sedang ada masalah di depan masyarakat. Perselisihan di depan publik disebut hanya akan membuat rakyat sedih dan putus asa, serta hilangnya ide kreatif dan inovasi.

“Saya kira ini juga perlu kita contoh dari Bung Hatta. Kita harus menghindari percekcokan dan perbedaan, yang harus dibangun adalah solidaritas dan optimisme masyarakat untuk bangkit menjadi negara maju,” tegas Gubernur Mahyeldi.

Sementara itu, guru besar ekonomi Universitas Indonesia, Sri Edi Swasono, mengungkapkan salah satu tujuan mulia yang dijunjung oleh Bung Hatta adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Bung Hatta meyakini hal ini bukan hanya meningkatkan kecerdasan anak bangsa, melainkan membuat bangsa sadar akan harga diri sehingga dapat menjadi mandiri.

“Mandiri artinya tidak minder dan mempunyai dignity. Jadi bukan sekadar otaknya yang cerdas, tapi juga memiliki harkat dan martabat,” ungkap menantu Bung Hatta tersebut.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas), Deni Kurniadi mengatakan Bung Hatta merupakan sosok yang cinta buku. Kecintaan terhadap buku ini menegaskan bahwa bangsa yang sejahtera, dapat terwujud apabila setiap warga negara memiliki kecerdasan.

Baca Juga : Musisi Iwan Fals Dukung Pelestarian Karya Anak Bangsa Oleh Perpusnas

“Perpustakaan juga mengambil peran tidak hanya mencerdaskan kehidupan bangsa tetapi juga bagaimana ikut menyejahterakan masyarakat dengan cara memberikan pengetahuan kepada masyarakat melalui implementasi langsung dari buku-buku yang ada,” jelasnya.

Talkshow 120 Tahun Hatta: Bangkit Bersama Literasi dirangkaikan dengan pembacaan puisi yang berjudul Rindu pada Setelan Jas Putih dan Pantalon Putih Bung Hatta oleh penyair dan sastrawan Indonesia, Taufiq Ismail. (*)

 

Editor : Ruri Ariatullah