logo radar

Tingkatkan Keterampilan Job Seeker, Kementan Lepas Peserta Program YESS

Tingkatkan Keterampilan Job Seeker, Kementan Lepas Peserta Program YESS
Tingkatkan Keterampilan Job Seeker, Kementan Lepas Peserta Program YESS

SUKABUMI-RADAR BOGOR, PPIU Jawa Barat melepas 20 peserta pemagangan Program YESS di Kabupaten Sukabumi dalam meningkatkan keterampilan tenaga kerja pertanian pedesaan pada Senin (1/8) di Aula UPTD Wilayah I Baros, Kabupaten Sukabumi.

Upaya untuk penumbuhan kewirausahaan dan ketenagakerjaan pemuda di bidang pertanian ditempuh melalui berbagai strategi atau intervensi. Salah satu strategi tersebut adalah peningkatan kapasitas pemuda melalui program pemagangan.

Baca juga: Pengendara Vespa Tewas Tabrakan Beruntun di Puncak, Sopir Truk Ungkap Penyebabnya

Hal tersebut sesuai dengan arahan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo yang meminta generasi muda dapat mengambil peranan dalam pembangunan pertanian. Mentan optimistis kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif akan mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan bahwa peningkatan produktivitas pertanian dilakukan melalui peningkatan kualitas, kapasitas, dan pengetahuan SDM pertanian, baik penyuluh maupun petani.

Melalui pemagangan pemuda perdesaan mendapatkan kesempatan belajar teori dan praktek secara langsung di perusahaan atau industri dan dunia kerja sehingga akan diperoleh sejumlah kompetensi kerja yang bersertifikat untuk diterapkan secara nyata pada saat bekerja atau berwirausaha.

Baca juga: Yuk! Rayakan Hari Kemerdekaan The Jungle Waterpark, Banyak Promo dan Acara Seru  

Sasaran kegiatan pemagangan Program YESS pada 20 peserta Calon Penerima Manfaat (CPM) Kabupaten Sukabumi. Peserta yang lolos merupakan hasil seleksi dari total pendaftar sebanyak 103 orang.

Peserta magang program YESS dilepas secara simbolis oleh Kepala UPTD Wilayah 1 Baros, Bapak Karyoto, SST di Aula UPTD Baros. Peserta diberi arahan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi bahwasanya kegiatan pemagangan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai proses pembelajaran dan menjadi bekal dan pengalaman sebelum masuk ke dunia kerja atau pun untuk bekal berwirausaha.

Baca juga: Lagi Mancing, Warga Diserang Buaya di Sungai Cisadane. Sempat Dikira Biawak!

Hadir dalam kesempatan tersebut adalah mentor bagi para peserta pemagangan dari PT Paskomnas Indonesia, PT Poktan Alamanda Sejahtera dan Koperasi Kocida Farm. Peserta selama pemagangan 3 bulan akan dibimbing oleh mentor di setiap perusahan.

Di akhir kegiatan pemagangan peserta akan disertifikasi melalui uji kompetensi sesuai dengan skema pemagangan pada masing-masing perusahaan. Harapannya setelah kegiatan pemagangan selesai peserta pemagangan dapat bekerja sesuai dengan keterampilan yang didapat selama pemagangan atau berwirausaha.

Pewarta: Mulyana
Sumber: YESS PPIU Jabar

Berita Lainnya