Selama Juli, Kota Bogor Dilanda Puluhan Bencana

Selama Juli, Kota Bogor Dilanda Puluhan Bencana
Selama Juli, Kota Bogor Dilanda Puluhan Bencana

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 80 bencana terjadi di Kota Bogor selama Juli 2022. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat sebagian besar di antaranya didominasi oleh tanah longsor dan tanah amblas.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas menyebutkan dari 80 kejadian bencana, 47 di antaranya merupakan kejadian tanah longsor dan tanah amblas.

“Tanah Longsor menjadi tren kejadian pada bulan ini dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Tanah Longsor di Kampung Got, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat mengakibatkan adanya korban meninggal,” kata Theo, Rabu (10/8/2022).

Theo menyebutkan, selama Juli terdapat 16 bangunan roboh yang menjadi tren kedua setelah tanah longsor dan tanah amblas.

Baca juga: Bogor Longsor Lagi, Dua Rumah Hancur

Di samping itu, 69 rumah yang terdampak dengan total 37 rumah rusak ringan, 10 rusak sedang, dan 22 rusak berat.

Dia menjelaskan, selama Juli, intensitas hujan cukup tinggi, khususnya pada sore hari menjelang malam hari. Namun pada akhir bulan intensitas hujan relatif menurun.

“Hujan disertai angin kencang menjadi salah satu penyebab terjadinya kejadian bangunan roboh,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Theo, ada delapan kejadian pohon tumbang, lima kejadian kebakaran, dan tiga titik banjir. Serta satu kejadian terkait penyelamatan hewan.

“Tiga unit mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Juanda, Kecamatan Bogor Tengah. Ada juga korban luka ringan akibat tanah longsor, bangunan roboh, dan kebakaran,” tutupnya. (ded)

Editor: Rany

Berita Lainnya