25 radar bogor

Tirta Pakuan Kembangkan 5 Usaha Baru, Es Kristal hingga Ekowisata

Direktur Umum Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor
Direktur Umum Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor tengah mengembangkan unit usaha baru di luar bidang penyediaan air bersih.

Ada lima program usaha yang akan dikembangkan perusahaan pelat merah ini.

Direktur Umum Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rivelino Rizki mengatakan, peningkatan pendapatan menjadi fokus perusahaan saat ini. Oleh karenanya, sekarang ada sub departemen atau asisten manager pengembangan usaha dan aset.

Baca juga: Megawati : Kaum Perempuan Harus Bisa Masak, Apapun Profesinya

Dijelaskan Rivelino, pihaknya sudah memiliki lima program berkenaan dengan pengembangan usaha. Pertama adalah smart meter. Dalam program ini Perumda Tirta Pakuan akan menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Program pertama tentang smart meter, kita akan kerja sama dengan salah satu BUMN. Kemudian kedua tentang traning center yang akan kita bangun. Yang ketiga terkait air curah,” urai Rivelino, baru-baru ini.

Program keempat tentang ekowisata. Dalam program ini, Perumda Tirta Pakuan akan memanfaatkan aset yang dimilikinya untuk dikembangkan menjadi kawasan ekowisata.

Baca juga: Gelar ‘Shop For Free’, BRImo Traktir 900 Nasabah Loyal se-Indonesia

“Ada beberapa lokasi aset kita yang selama ini menjadi biaya dan sebagainya, makanya kita akan membuat unit usaha di sana, sebagai daerah pariwisata,” paparnya.

Sedangkan kelima, dikatakan Rivelino, program yang masih berkaitan dengan air, yakni es kristal. Pihaknya menargetkan paling tidak 3 dari 5 program tersebut dapat direalisasikan di tahun ini.

“Insya Allah, tahun ini minimal usaha 1 sampai 3 bisa terrealisasi. Pengembangan usaha ini tujuannya untuk peningkatan pendapatan dan kita juga membuka kerja sama dengan pihak-pihak lain,” tandasnya.(ded)

Editor: Rany