25 radar bogor

Jadi Langganan Banjir Lintasan, Jalan Tumenggung Wiradiredja Ditinjau 

Warga melintasi Jalan Tumenggung Wiradiredja yang selalu banjir jjika hujan. Fatur/Radar Bogor.
Warga melintasi Jalan Tumenggung Wiradiredja yang selalu banjir jjika hujan. Fatur/Radar Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Jalan Tumenggung Wiradiredja, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara yang jadi langganan banjir lintasan setiap kali hujan mengguyur mendapat sorotan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor bersama Lurah Tegal Gundil serta perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan peninjauan di area tersebut, Senin (8/8/2022).

Kepala BPBD Kota Bogor, Theo Patrocinio mengatakan peninjauan lokasi dilakukan untuk mengetahui solusi yang dapat diterapkan dalam mengatasi masalah banjir lintasan.

Setelah dilakukan peninjauan dirinya menyebut penyebab terjadinya banjir ialah karena tidak adanya drainase pada ruas jalan tersebut.

Baca juga: Warga Cibinong Keluhkan Jalan Licin Dan Berdebu Pasca Banjir

“Awalnya ada drainase, cuma posisinya masuk ke wilayah rumah warga dan berada di bawah. Seiring berjalan waktu drainasenya tersumbat,” papar Theo.

Maka dari itu, Theo menuturkan hasil peninjauan yang dilakukan perlu adanya solusi penanganan secara fisik. Yakni pembangunan saluran air di sisi jalan.

Banjir lintasan di area tersebut sudah lama dikeluhkan oleh warga. Genangan air setinggi 20 sentimeter yang selalu menutupi jalan membuat para pengendara harus bergantian ketika melintas sehingga kerap menimbulkan kemacetan.

Tak hanya digenangi air, kondisi jalan yang berlumpur juga membuat jalanan licin dan dapat membahayakan pengendara motor. (cr1)

Editor: Rany