logo radar

FEB Unpak Bersama Perumda Tirta Pakuan Gelar Business Simulation Competition

FEB Unpak
Dirut Perumda Tirta Pakuan Rino Indira Gusniawan dan pembantu dekan menyapa peserta lomba Simulasi kompetisi bisnis di FEB Unpak. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Pakuan atau FEB Unpak bersama dengan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor menggelar acara Business Simulation Competition. Pembukaan acara tersebut berlangsung di Auditorium Gedung Manajemen FEB Unpak Senin (8/8/2022).

Baca Juga : Unpak Bantu Pemkot Bogor Kaji Pembangunan dan Pengembangan Wilayah

Ketua Umum Business Simulation Club, Muhamad Segafi Kurniawan mengatakan acara tersebut merupakan ajang edukasi dan kompetisi simulasi bisnis.

“Para peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMA dan SMK ini diajak untuk berkompetisi menjalankan sebuah perusahaan dalam bentuk simulasi di platform MoonsoonSIM,” tuturnya.

Namun sebelum berkompetisi pada Sabtu (13/8/2022) mendatang, para peserta akan mendapatkan pembekalan terlebih dahulu lewat workshop yang digelar bersamaan dengan pembukaan acara tersebut.

Setelah itu para peserta akan mendapat monitoring secara intensif selama 3 hari secara online yang akan diberikan oleh pihak FEB Unpak.

Segafi menyebut, kegiatan Business Simulation Club diharapkan tidak hanya memberi kompetensi di bidang bisnis melainkan juga menumbuhkan kerja sama tim, kemampuan berpikir kritis, serta komunikasi dalam diri para peserta.

Sebanyak 14 tim yang terdiri dari siswa-siswi SMA dan SMK se-Kota dan Kabupaten Bogor berpartisipasi dalam event tersebut. “Masing-masing tim ada 5 orang, jadi totalnya ada 70 orang,” imbuh Segafi.

Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FEB Unpak, Retno Endah Martanti Lestari menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bentuk implementasi kerja sama antara FEB Unpak dengan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.

Dirinya menyebut pelaksanaan kegiatan Business Simulation Club tahun ini menjadi event perdana dan akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.

“Selain mendapat piala bergilir, tiga tim yang berhasil juara juga akan mendapatkan uang tunai dan bagi juara 1 hadiah tambahannya yaitu beasiswa dari Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan senilai Rp10 Juta dengan catatan masuk ke Unpak,” ungkapnya.

Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan, Rino Indira Gusniawan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya event tersebut penting dilaksanakan untuk memberi pendampingan tentang pelaksanaan bisnis sedari dini bagi siswa-siswi SMA dan SMK.

Baca Juga : Mou dengan Unpak Bogor, Perumda Tirta Pakuan bakal jadi Pusat Training Center Pengembangan SDM 

“Kolaborasi ini yang saya idam-idamkan sejak dulu. Saya dulu sempat menutup mimpi untuk berbisnis karena tidak tau ilmu bisnis dan tidak ada kegiatan simulasi seperti ini saat itu,” ucapnya.

Rino berharap event ini menjadi ajang pengembangan potensi kemampuan berbisnis bagi siswa-siswi di Kota dan Kabupaten Bogor. “Ini bisa jadi tempat mereka untuk implementasi teori yang sudah dipelajari. Saya yakin para pemuda Indonesia bisa menggapai Indonesia maju di tahun 2045,” tegasnya. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep

Berita Lainnya