logo radar

Baru Satu Sekolah di Tamansari Terapkan Kurikulum Merdeka, Ini Penyebabnya

Tamansari
Pelatihan Kurikulum Merdeka bagi sejumlah guru SD di Kecamatan Tamansari.

TAMANSARI-RADAR BOGOR, Masih banyak sekolah yang kebingungan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka (Kuka). Seperti di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Duh, Proyek Jalan Rp 10 Miliar di Tamansari Ini Tak Kunjung Dikerjakan

Untuk tahun ajaran 2022/2023 ini, sejumlah sekolah dasar di Tamansari masih menggunakan kurikulum lama atau K13. Tercatat baru satu sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Itupun sekolah penggerak.

“Di Tamansari ini baru satu sekolah yang sudah melaksanakan Kuka. Yakni, SDN Gadog 01,” ujar Ketua K3S Kecamatan Tamansari Anung, kepada Radar Bogor Senin (8/8/2022).

Anung memaparkan, sejauh ini sejumlah sekolah dasar yang ada di Kecamatan Tamansari juga masih bingung untuk menerapkan Kuka atau masih bertahan di K13.

“TA 2022/2023 ini kan diberi kesempatan untuk memilih. Sejauh ini masih banyak yang bingung menggunakan Kuka atau k13” paparnya.

Ia memaparkan, kendala yang dialami saat ini yakni pemahaman guru perihal Kuka tersebut. saat ini masih minim pelatihan bagi guru perihal Kuka ini. “Sekarang uji coba latihan, hanya diwakili beberapa orang, jadi belum secara menyeluruh,” tukasnya.

Untuk diketahui, kebijakan Kemendikbudristek kepada semua jenjang sekolah berkaitan dengan Kuka membagi dalam tiga kategori.

Baca Juga : Penjual Obat terlarang di Tamansari Diusir Paksa, Warung Ditutup Permanen

Tiga kategori yang dimaksudkan dalam Kuka adalah sekolah boleh menggunakan K13 secara penuh. Sekolah diperkenankan menggunakan K13 yang disederhanakan atau Kurikulum Kondisi Khusus. Atau, sekolah juga boleh menggunakan Kurikulum Merdeka.

Kemendikbud memberikan kesempatan kepada sekolah untuk melaksanakan Kuka secara mandiri. Dimana Kuka Mandiri ini mencakup Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep

Berita Lainnya