Sandiaga Uno Jadi Pembina Upacara Pengibaran Bendera di Tugu Kujang

Pengibaran Bendera
Sandiaga Uno saat menjadi pembina upacara pengibaran bendedera di Tugu Kujang, Sabtu (6/8/2022). SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Upacara pengibaran bendera merah putih di Tugu Kujang dalam rangkaian acara Festival Merah Putih (FMP) Sabtu (6/8/2022) nampak berbeda dari biasanya.

Baca Juga : PHRI BikeTour Etape 3 di Kota Bogor, Jadi Magnet Pertumbuhan Pariwisata

Upacara pengibaran bendera merah putih pada pagi hari itu tak hanya disaksikan ratusan pesepeda, melainkan juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Menparekraf), Sandiaga Uno. Di kesempatan tersebut Sandi juga sekaligus berperan sebagai pembina upacara.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Ketua FMP, Irwan S Wijaya mengatakan pengibaran bendera merah putih yang dilakukan setiap hari selama Agustus 2022 ini menjadi bagian utama dari pelaksanaan FMP.

“Upacara penaikan dan penurunan bendera setiap hari ini menjadi agenda wajib yang dilakukan dalam FMP. Selain itu, terdapat dua agenda lain yakni pemasangan umbul-umbul dan menghias Lawang Salapan,” tuturnya.

Irwan menjelaskan, dalam melaksanakan upacara pengibaran tersebut pihaknya sudah membuat daftar petugas upacara yang terdiri dari lembaga instansi pemerintahan, organisasi masyarakat, dan masyarakat secara umum.

Meski demikian, pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih itu ternyata menimbulkan spontanitas yang kuat dan tak terduga dari warga pejalan kaki.

“Tagline kita adalah kebhinekaan dan dasar dasarnya adalah kebangsaan. Kami ingin masyarakat mengingat dan meningkatkan kembali rasa kebangsaan. Upacara seperti ini membuat kita mengingatkan kembali perjuangan para pahlawan,” ujar Irwan.

Selain tiga agenda wajib tadi panitia FMP juga berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk melaksanakan kegiatan lainnya.

Kerja sama yang dilakukan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor misalnya, panitia FMP membuka helpdesk bagi warga yang kesulitan membuat akta kelahiran, akta perkawinan, akta kematian.

Baca Juga : Sandiaga Uno Pimpin PHRI BikeTour Seri Kota Bogor

Selain itu panitia FMP juga menyelenggarakan kerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengadakan acara tur sepeda bertajuk PHRI BikeTour yang diikuti oleh 200 pesepeda.

FMP tahun ini merupakan gelaran ke-7 sejak digelar pertama kali pada tahun 2016. Meski sempat berkurang intensitas kegiatannya selama pandemi, namun tahun ini FMP kembali diisi dengan banyak kegiatan meriah. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep

Berita Lainnya