Bima Arya Kenalkan Potensi Pariwisata Kota Bogor ke Sandiaga Uno

Pariwisata
Bima Arya bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno memperkenalkan potensi pariwisata Kota Bogor pada kegiatan PHRI BikeTour etape ketiga yang berlangsung di Kota Bogor pada Sabtu (6/8/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Pandemi yang terjadi di Indonesia selama 2 tahun terakhir membuat sektor pariwisata turut terdampak. Kota Bogor yang dikenal sebagai kota pariwisata dan jasa pun turut terkena imbas dari badai pandemi.

Baca Juga : Sandiaga Uno Pimpin PHRI BikeTour Seri Kota Bogor

Namun setelah pandemi mulai mereda, roda ekonomi dan pariwisata dengan perlahan namun pasti mulai kembali bergerak. Geliatnya pun mulai terlihat di berbagai daerah khususnya Kota Bogor.

penerimaan mahasiswa baru universitas nusa bangsa bogor

Walikota Bogor, Bima Arya mengatakan saat ini Kota Bogor tidak hanya sedang pemulihan ekonomi melainkan juga mengupayakan kebangkitan ekonomi. Berbagai gerakan dan strategi dilakukan Pemerintah Kota Bogor untuk mensukseskan hal tersebut.

Di momen event Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) BikeTour etape ketiga yang berlangsung di Kota Bogor pada Sabtu (6/8/2022), Bima mengenalkan strateginya membangkitkan ekonomi di bidang pariwisata pada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno.

Bima menuturkan kepada Sandi bahwa, Kota Bogor sedang mendorong destinasi wisata berbasis kampung wisata dan tematik sebagai upayanya menanggulangi dampak pandemi.

“Tadi saya cerita pada beliau tentang Mulyaharja dan Ciharashas yang terkena dampak pandemi tapi kemudian bisa bangkit sekarang. Warga di sana menjadi tour guide dan ibu-ibunya buka katering,” papar Bima.

Bima mengatakan, dirinya akan mengajak Sandi untuk mengunjungi Daerah Ciharashas, Kecamatan Bogor Selatan pada saat panen padi tiba.

Ajakan ini pun disambut baik oleh Sandi. Ia mengapresiasi langkah yang dilakukan Kota Bogor yang mendorong konsep kampung wisata.

Dirinya pun berjanji akan kembali datang untuk mengunjungi Daerah Ciharashas yang akan dikembangkannya ke depan.

“Kota Bogor menjadi ikon wisata yang mengusung konsep urban tourism. Tadi saya sudah melihat kawasan Suryakencana yang menjadi showcase dan Kebun Raya Bogor sebagai daya tarik utamanya,” ujar Sandi.

Dirinya menyebut ke depan akan berkoordinasi dengan Bima Arya yang juga bertindak sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) untuk membentuk Creative City Network, yang akan mengembangkan kerja sama multilateral. Salah satu pariwisata yang juga akan turut dikembangkan pada rencana ini adalah wisata sejarah.

Baca Juga : Youth Innovation Festival Digelar 21 Agustus di Alun-Alun Kota Bogor

Pada kesempatan tersebut ia juga mengatakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) tahun ini mengusung tagline “Bangkit Lebih Cepat, Pulih Lebih Kuat”.

Bersamaan dengan itu Sandi menyebut pertumbuhan ekonomi di Indonesia mencapai 5,44 persen, sedangkan pertumbuhan pariwisata hampir menyentuh angka 10 persen yakni 9,76 persen. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep

Berita Lainnya