25 radar bogor

Perlindungan Pekerja Mandiri, BPJS Ketenagakerjaan Bogor-Cileungsi Optimalkan Agen Perisai

BPJS Ketenagakerjaan
Sejumlah Agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan Bogor-Cileungsi kembali mendapatkan pelatihan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bogor-Cileungsi.

CILEUNGSI-RADAR BOGOR, Agen penggerak jaminan sosial (Perisai) BPJS Ketenagakerjaan Bogor-Cileungsi menjadi ujung tombak untuk akusisi percepatan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan di pelosok desa. Khususnya menyasar kepesertaan sektor informal atau Bukan Penerima Upah (BPU).

Baca Juga : Petani Harus Tercover BPJS Ketenagakerjaan, Risiko Kecelakaan Tinggi 

Untuk itu, sejumlah Agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan Bogor-Cileungsi kembali mendapatkan pelatihan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bogor-Cileungsi.

Kepala kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bogor-Cileungsi, Dedi Mulyadi memaparkan, Agen Perisai mendapat pembekalan agar mereka menguasai sejumlah informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan.

Sehingga bisa melakukan edukasi, sosialisasi, serta memberikan pemahaman mengenai pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan dengan mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Iya, kita berikan pelatihan terhadap agen Perisai kita,” kata Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bogor-Cileungsi Dedi Mulyadi kepada Radar Bogor.

Dedi memaparkan, selain pelatihan, para agen perisai BPJS Ketenagakerjaan Bogor-Cileungsi juga mendapatkan sosialisasi Progam BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan demikian, perisai yang merupakan kepanjangan tangan BPJS Ketenagakerjaan bisa mengajak dan memberikan pemahaman yang lengkap dan menyeluruh terhadap calon peserta di wilayahnya masing masing.

Adapun Agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan Bogor-Cileungsi diharapkan dapat mengajak sebanyak-banyaknya pekerja informal mandiri terlindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini penting mengingat pekerja mandiri berhak mendapat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan, dengan mengikuti tiga program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, tentuya dengan adanya perlindungan ini, bekerja menjadi lebih tenang dan produktif karena audah ada kepastian pertangungan jika terjadi risiko kecelakaan kerja atau meninggal dunia.

Dedi mengatakan, jika melihat data pencapaian jumlah peserta BPJS Bogor Cileungsi yang mendaftar dari agen Perisai tersebut, pihaknya optimistis jumlah pekerja yang tercover BPJS Ketenagakerjaan di Bogor ini lebih banyak.

Baca Juga : Awas, Penipuan Atas Nama BPJS Ketenagakerjaan. Begini Modusnya!

Dedi memaparkan, tujuan pembentukan Perisai ini untuk lebih memudahkan dan mendekatkan pekerja mandiri terdaftar dan membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Lanjut Dedi, Agen Perisai ini merupakan perpanjangan tangan dari kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan. “Memiliki fungsi pendaftaran, pengelolaan, edukasi dan sosialisasi program BPJS ketenagakerjaan,” jelasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep