25 radar bogor

Jayadewata Akademi Siap Gelar Pelatihan Fisik Nasional Level Pemula

Jayadewata Akademi
Jayadewata Akademi usai audiensi dengan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim di Paseban Narayana, Balai Kota Bogor, Kamis (4/8/2022).

BOGOR-RADAR BOGOR, Jayadewata Akademi segera menggelar Pelatihan Fisik Nasional Level Pemula 2022 pada 27-29 September mendatang.

Baca Juga : Resmikan Sanitasi Makam, Bima Arya Harap Jadi Inspirasi Koperasi Lain

Rencana ini disampaikan Jayadewata Akademi saat audiensi dengan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim di Paseban Narayana, Balai Kota Bogor, Kamis (4/8/2022).

Pimpinan Jayadewata Akademi, Prima Alamanda mengatakan, kegiatan pelatihan fisik ini digelar karena melihat kebutuhan pelatih fisik di Kota Bogor yang memang masih minim.

Sehingga pihaknya ingin mengadakan pelatihan fisik nasional yang mana nantinya para peserta akan mendapatkan sertifikasi nasional secara berjenjang. “Jadi yang akan kita gelar pertama itu level pemula dan sampai level empat,” ujarnya.

Lala sapaan akrabnya menuturkan, tujuan dari pelatihan fisik ini tentu saja untuk meningkatkan kompetensi pelatih fisik dan kebutuhan akan pelatih fisik yang mumpuni. Pasalnya, selama ini pelatih kerap merangkap sebagai pelatih fisik padahal pelatih fisik harus mempunyai ilmu yang benar.

Walaupun secara umum pelatih bisa melakukan latihan fisik terhadap murid atau atletnya. Namun, ilmu yang mereka punya tidak selengkap yang memang benar-benar pelatih fisik.

“Melihat kebutuhan akan pelatih fisik, terutama di Kota Bogor yang masih minim dan melihat anak-anak muda sekarang, atlet, anak-anak yang mulai berolahraga kita lihat kekuatan tubuhnya kurang, karena memang latihan fisiknya yang tidak benar,” jelasnya.

Keuntungan bagi peserta yang mengikuti pelatihan fisik ini kata dia, mulai dari ilmu yang diajarkan sangat spesifik, seperti pelatihan fisik, mendapat sertifikat nasional yang berlaku dan bisa dijadikan untuk mengembangkan diri, melatih di tempat-tempat lain.

“Saat mereka mengikuti ini bisa bersaing dengan pelatih yang lain. Jika sudah menjadi pelatih olahraga, mereka harus punya ilmu tentang pelatihan fisik juga,” terangnya.

Ia melanjutkan, sasaran peserta dari pelatihan fisik Jayadewata Akademi ini mulai dari pelatih cabang olahraga, guru olahraga, praktisi olahraga, sarjana olahraga dan peserta umum yang memiliki passion di bidang olahraga dengan target 40-60 peserta.

Baca Juga : Revitalisasi Blok I RSUD Kota Bogor Dimulai

Khusus pelatih cabor, guru olahraga yang direkomendasi KONI, IGORA, Dispora peserta cukup membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 1,5 juta dan untuk umum biaya pendaftaran sebesar Rp 1.750.000.

“Peserta akan diajarkan teori dan latihan fisik dengan narasumber dari Perkumpulan Pelatih Fisik Indonesia (PPFI) yang memang diakui secara nasional,” katanya. (*)

Editor : Yosep