IPB Kembali Melepas Penemu Daun Singkong Penghasil Rendah Kolestrol pada Puyuh

IPB Kembali Melepas Penemu Daun Singkong Penghasil Rendah Kolestrol pada Puyuh, La Jumadin
IPB Kembali Melepas Penemu Daun Singkong Penghasil Rendah Kolestrol pada Puyuh, La Jumadin

RADAR BOGOR, La Jumadin putra daerah dari Muna Sultra, menjadi Doktor ke 140 pada Program Studi Ilmu-Ilmu Faal dan Khasiat Obat (IFO), Departemen Anatomi, Fisiologi, dan Farmakologi, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Institut Pertanian Bogor (IPB).

Promosi Doktor yang dijalani dari hasil penelitiannya dengan judul “Kinerja Fisiologis dan Produktivitas Puyuh (Coturnix coturnix japonica) dengan Suplemen Pasta Daun Singkong”, di ruang sidang Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Senin (1/8/2022).

“Kebaruan penelitian yang didapat diantaranya yaitu pertama kandungan gizi dan kandungan zat bioaktif pasta daun singkong. Kedua kandungan asam sianida yang rendah pada pasta daun singkong. Ketiga pasta daun singkong meningkatkan kinerja fisiologis, ketahanan tubuh, dan produktivitas puyuh. Keempat dosis efektif pasta daun singkong pada aspek fisiologis, produktivitas, dan kualitas telur. Kelima pasta daun singkong menghasilkan telur puyuh rendah kolesterol”, ujar Dosen Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo Kendari Sultra ini.

Tampil sebagai pembimbing penelitian seputar manfaat daun singkong diantaranya pembimbing 1 Dr. drh. Aryani Sismin Satyaningtijas, M.Sc, AIF, pembimbing 2 Prof. Dr. Ir. Niken Ulupi, M.S dan pembimbing 3 Dr. drh. Hera Maheshwari, M.Sc, AIF

Melengkapi Kebahagiannya dalam Prosesi Doktornya di IPB , hadir pula Ust. Ambo Sakka, perwakilan DPP Wahdah Islamiyah dan Ust Dr. Samsul Basri selaku ketua Wahdah Islamiyah Kota. Bogor. Selain itu La Jumadin terdaftar sebagai salah satu pengurus DPP Wahdah Islamiyah di Departemen Lingkungan Hidup. (*)

Berita Lainnya