25 radar bogor

Empat RW Di Cibinong Masuk Penilaian Program Kampung Iklim Tingkat Nasional

Warga menunjukan kreasinya saat penilai Tim Verifikatit Lapangan Program Kampung Iklim Dirjen Lingkungan Hidup di Cibinong, Kabupaten Bogor. Kamis (4/8/2022). Empat RW lolos mewakili Kabupayen Bogor ke tahap lanjutan. Foto : Hendi/Radar Bogor
Warga menunjukan kreasinya saat penilai Tim Verifikatit Lapangan Program Kampung Iklim Dirjen Lingkungan Hidup di Cibinong, Kabupaten Bogor. Kamis (4/8/2022). Empat RW lolos mewakili Kabupayen Bogor ke tahap lanjutan. Foto : Hendi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Empat Rukun Warga (RW) di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor menjadi lokasi penilaian Program Kampung Iklim (ProKlim) tahun 2022 tingkat nasional.

Proses verifikasi dilakukan Tim Verifikator Lapangan Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup sejak 1 hingga 4 Agustus ini.

Empat lokasi yang menjadi penilaian program tersebut antara lain RW 08 Pabuaran Mekar, RW 05 Pabuaran Mekar, RW 09 Nanggewer Mekar, RW 11 Pondok Rajeg.

Baca juga: Guru Honorer: Kurikulum Merdeka Tak Berbanding Lurus Dengan Kemerdekaan Guru

“ProKlim merupakan bagian dari upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, untuk membentuk masyarakat yang berketahanan iklim, swasembada pangan, memastikan ketersediaan air dan juga membentuk jejaring,” ujar Sub Koordinator Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, M. Haris pada Kamis, (4/8).

Haris mengatakan, Pemkab Bogor terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu perubahan iklim. Terbukti dari jumlah kampung iklim yang terus bertambah sehingga upaya pengendalian perubahan iklim semakin cepat terwujud.

Menurutnya, suatu pemukiman dinyatakan sebagai kampung iklim apabila warganya telah memiliki rasa kepedulian yang besar terhadap pengelolaan lingkungan, sehingga bergotong royong mewujudkan lingkungan yang aman, nyaman dan indah.

Baca juga: DPRD Bakal Libatkan Tenaga Ahli Untuk Kaji LHP BPK Tahun Anggaran 2021

“Kami berharap ada kerja sama dan dukungan dari semua pihak agar kita bisa kembali mengharumkan nama Kabupaten Bogor tingkat nasional, khususnya melalui lomba ProKlim ini, apalagi tahun lalu kita berhasil memborong 3 penghargaan sekaligus pada ProKlim 2021,” terang Haris.

Dengan begitu, lanjutnya, partisipasi aktif semua pihak untuk aktif bekerja sama melaksanakan tindakan terintegrasi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, akan berkontribusi positif terhadap pengendalian perubahan iklim, serta meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

Baca juga: Jual Beli Kartu Vaksin di Citeureup Bikin Heboh!

Tim Verifikator Lapangan Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup, Siti Marlina Falty menyampaikan, verifikasi dilakukan guna menyesuaikan data kelengkapan sarana prasarana dan agenda kegiatan kampung iklim. Hal ini juga sebagai persyaratan ProKlim di antaranya, aksi mitigasi dan aksi adaptasi masyarakat, cara mengolah sampah dan limbah, pengayaan tanaman dan lain sebagainya.

“Kabupaten Bogor memiliki peluang untuk memberikan contoh-contoh yang baik dan kerja serius dalam pengendalian perubahan iklim, salah satunya melalui kegiatan ProKlim,” tukasnya.(cok)

Editor: Rany