Kasus Positif Covid-19 DKI, Hingga Kemarin Tembus 22.114 Orang

AMBULAN. Kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta masih bertambah tiap harinya. Namun begitu, per tanggal 2 Agustus 2022 kasus positif mulai menurun dari sebelumnya. ( Alfian Rizal/JawaPos )

RADAR BOGOR, Kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta masih bertambah tiap harinya. Namun begitu, per tanggal 2 Agustus 2022 kasus positif mulai menurun dari sebelumnya.

Baca Juga : Kominfo Hapus PSE Judi Online Setelah Diamuk Netizen

Menurut keterangan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia jumlah kasus aktif di Jakarta turun sejumlah 210 kasus.

“Sehingga jumlah kasus aktif kini yang masih dirawat dan diisolasi sebanyak 22.114,” ujarnya, Selasa (2/8).

Dwi menambahkan, total vaksin dosis booster sampai saat ini terdapat sebanyak 4.570.554 orang. Sedangkan jumlah yang divaksin booster Selasa (2/8) adalah sejumlah 5.009 orang.

Sementara itu, telah dilakukan tes PCR sebanyak 15.263 spesimen. Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 12.897 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 1.993 positif dan 10.904 negatif. Selain itu, dilakukan pula tes Antigen sebanyak 29.531 orang dites.

“Hasilnya 1.601 positif dan 27.930 negatif. Perlu diketahui, hasil tes antigen positif di Jakarta tidak masuk dalam total kasus positif karena semua dikonfirmasi ulang dengan PCR,” jelas Dwi

Dari jumlah total kasus positif, total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 1.296.794 dengan tingkat kesembuhan 97,2 persen, dan total 15.408 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,2 persen, sedangkan tingkat kematian Indonesia sebesar 2,5 persen.

“Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 17,2 persen, sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 11,6 persen. WHO juga menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5 persen,” imbuh Dwi.

Dwi juga menuturkan, Pemprov DKI Jakarta masih terus berupaya mengendalikan pandemi Covid-19. Salah satunya dengan terus menggencarkan program vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Kemudian, Dinkes DKI juga tetap menggalaklan 3T (Testing, Tracing dan Treatment).

“Kami turut mengimbau agar masyarakat juga mewaspadai penularan virus Covid-19 karena pandemi belum usai,” pungkasnya.

Untuk dapat melakukan vaksinasi, warga dapat langsung ke tempat vaksinasi. Namun, untuk mempercepat proses vaksinasi, warga disarankan mendaftar online melalui aplikasi JAKI atau situs corona.jakarta.go.id/vaksinasi. Dengan mendaftar secara online, warga dapat memilih waktu dan tempat vaksinasi sendiri, sekaligus bisa melakukan pre-screening tes online.

Baca Juga : Polemik Kenaikan Harga Tiket Umrah, Begini Penjelasan Pemerintah

Untuk menemukan tempat vaksinasi, warga juga mengeceknya melalui aplikasi google maps. Hanya dengan menuliskan “vaksin COVID-19”, warga dapat menemukan lokasi, serta dibantu informasi jalur menemukan lokasi yang dipilih. (jpg)

Editor : Yosep/Yuli-KKL

Berita Lainnya