Joko Anwar Akui Filmnya Mengangkat Latar Tahun 1980-an, Butuh 2 Tahun untuk Hunting

Sutradara film Pengabdi Setan 2: Communion (Dok. Istimewa)
Sutradara film Pengabdi Setan 2: Communion (Dok. Istimewa)

RADAR BOGOR, Film Pengabdi Setan 2: Communion mengambil setting tahun 1980-an. Joko Anwar Properti tahun 1980 sangat detail, terutama bajai orange, perlu waktu 2 tahun untuk hunting.

Sutradara film tersebut, Joko Anwar mengakui era 1980-an menjadi setting dari film Pengabdi Setan 2: Communion.Dia mengakui sejumlah properti film memang mengangkat tahun 1980-an.

Baca JugaPengabdi Setan 2 Menjadi Film Pertama di Indonesia Menggunakan Teknologi IMAX

penerimaan mahasiswa baru universitas djuanda bogor

“Properti tahun 1980 detail banget, terutama bajai orange. Nyarinya itu susah banget, sampai 2 tahun. Tadi ada bus bertingkat, itu juga nyarinya setengah mati,” kata Joko Anwar di bilangan Epicentrum Rasuna Said Jakarta Selatan, Selasa (2/8).

Joko Anwar mengatakan sejumlah properti era 80-an dibangun sendiri. Tapi ada juga yang menggunakan computer- generated imagery (CGI) namun dikerjakan dengan sangat teliti.

“Teman- teman pasti tidak tahu mana yang CGI, mana yang asli, karena saking bagusnya CGI-nya. Jadi kita tidak akan me-review mana yang CGI, mana yang real karena samua real terlihat,” jelasnya.

Joko Anwar kembali menegaskan dirinya tidak mematok angka kesuksesan film dari jumlah penonton. Dia pun tidak memiliki target khusus film Pengabdi Setan 2: Communion harus ditonton berapa juta penonton.

“Bebannya itu, aku kalau mengajak syuting pemain atau kru, aku harus memberikan sesuatu yang bermanfaat buat mereka. Tambah enggak ilmunya? Dan nambah enggak pengalamannya? Mudah- mudahan aku enggak menghabiskan waktu mereka,” katanya.

Hal serupa juga diungkapkan Joko Anwar untuk para penonton. Dia tidak mau para penonton menghabiskan uang, waktu dan tenaga datang ke bioskop tapi tak ada sesuatu yang didapat. “Aku meminta mereka menonton ke bioskop, bayar bioskop, menghabiskan waktu itu sia-sia atau enggak. Itu sih bebannya. Enggak yang ke angka,” paparnya.

Baca JugaPengabdi Setan 2 Jawaban Dari Pertanyaan Film Pertamanya

Film Pengabdi Setan 2: Communion Garapan Joko Anwar menjawab beberapa pertanyaan yang masih menggantung dalam Pengabdi Setan pertama yang rilis pada 2017 silam. Film ini dibintangi sejumlah pemain yaitu Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Egi Fedly, Ayu Laksmi, Muzakki Ramdhan, Fatih Unru, Ratu Felisha, Jourdy Pranata, Kiki Narendra, Nafiza Fatia Rani, Iqbal Sulaiman dan beberapa pemain lain. (jpg)

Editor : Yosep/Nadila-KKL

Berita Lainnya