logo radar

Implementasi E-Court di Pengadilan Agama Bogor Jadi yabg Terbaik Se-Jabodetabek

Pengadilan Agama Bogor Raih Predikat Terbaik Kedua Se-Jawa Barat
Pengadilan Agama Bogor Raih Predikat Terbaik Kedua Se-Jawa Barat

BOGOR-RADAR BOGOR, Pengadilan Agama (PA) Bogor berhasil meraih predikat terbaik dalam implementasi e-Court sewilayah Jabodetabek.

Prestasi ini didasarkan pada hasil penilaian prestasi kinerja triwulan II tahun 2022 yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Peradilan Agama Mahkamah Agung yang disampaikan pada Selasa (2/3).

Baca juga: Pengadilan Agama Bogor Raih Predikat Terbaik Kedua Se-Jawa Barat

Ketua PA Bogor, Nasrul menyebut PA Bogor meraih skor 1,75. Skor ini meningkat tiga kali lipat dibandingkan triwulan sebelumnya yang hanya 0,52.

Sementara itu, PA Bogor berhasil menduduki peringkat ke-2 dari 26 PA lainnya yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Sejak 2 Januari hingga 3 Agustus 2022 pagi, PA Bogor menerima 1282 perkara, yang terdiri dari 1101 gugatan dan 81 permohonan. Hampir separuh perkara di PA Bogor terdaftar secara elektronik. Secara keseluruhan, perkara yang terdaftar melalui e-court berjumlah 575 atau 44,85 persen,” papar Nasrul.

Baca juga: Hingga Juli, Pengadilan Agama Bogor Kabulkan 29 Pernikahan di Bawah Umur

Dirinya menuturkan perkara gugatan yang didaftarkan melalui e-court berjumlah 528 atau 47,95 persen sedangkan perkara permohonan yang didaftarkan melalui e-court berjumlah 47 atau 58,02 persen.

Diakui Nasrul, meningkatnya jumlah pengguna e-court tak lepas dari kebijakan pimpinan PA Bogor yang menetapkan pendaftaran perkara di PA Bogor harus dilakukan melalui e-court.

“Kebijakan ini dimulai sejak bulan Mei 2022. Semua pendaftaran baik advokat maupun masyarakat umum harus lewat e-court kecuali perkara tertentu,” jelas Nasrul. (cr1)

Editor: Rany

Berita Lainnya