logo radar

Densus 88 Tangkap 1 Teroris di Jatim Diduga Otak Jaringan Internasional

Ilustrasi. Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap 1 tersangka terorisme berinisial RY alias D di Jalan Raya Magetan, Jawa Timur pada Selasa (2/8) pukul 08.13 WIB. (RADAR LAMPUNG)

RADAR BOGOR, Tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap 1 tersangka terorisme berinisial RY alias D di Jalan Raya Magetan, Jawa Timur pada Selasa (2/8) pukul 08.13 WIB. Hasil identifikasi diketahui jika pelaku merupakan jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

Baca Juga : 55.473 Jamaah Haji Telah Pulang Ke Indonesia, 83 Orang Meninggal

“Yang bersangkutan keterlibatannya adalah pada 2013 mengikuti seleksi anggota hubungan internasional JI dan melakukan perjalanan ke Suriah melalui Dubai untuk membuka jalur hubungan dengan Free Syiria Army dan bergabung di pelatihan militer,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Rabu (3/8).

RY juga terdaftar sebagai anggota bidang hubungan internasional JI. Pada 2015 melakukan perjalanan kembali ke Suriah melalui Istanbul untuk membangun hubungan dengan Jabah Musrok.

“Pada saat di Suriah yang bersangkutan ditahan oleh kelompok militer ISIS,” imbuh Ramadhan.

RY juga diketahui mempunyai koneksi langsung ke Yaman untuk membuka jalur hubungan JI dengan Al Qaeda. Guna melakukan pelatihan militer di Suriah.

“Kemudian juga yang bersangkutan pernah berkomunikasi dengan Dulmatin di Magetan,” jelasnya.

Baca Juga : AHY Ungkap Tiga Ancaman Demokrasi, 2 Tahun Jelang Pemilu 2024

Sebagai informasi, Dulmatin adalah Djoko Pitono, salah satu pelaku Bom Bali pada 2002. Dia dikrtahui sebagai otak serangan tersebut. Selain Indonesia, Dulmatin juga menjadi buronan di Filipina, Amerika Serikat, dan Australia. Dia tewas pada 9 Maret 2010 saat penggerebekan di Pamulang, Tangerang Selatan.(jpg)

Editor : Yosep/Luthfiah – KKL

Berita Lainnya