25 radar bogor

55.473 Jamaah Haji Telah Pulang Ke Indonesia, 83 Orang Meninggal

ILUSTRASI. Jamaah haji saat baru mendarat di bandara
ILUSTRASI. Jamaah haji saat baru mendarat di bandara. (Dipta Wahyu/JawaPos)

RADAR BOGOR, Proses pemulangan jamaah haji terus berjalan. Sampai dengan Selasa (2/8) kemarin tercatat lebih dari 55 ribu jamaah sudah pulang ke tanah air.

Baca Juga : BMKG, Himbau Warga Waspadai Gelombang Tinggi Dalam Dua Hari

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Setjen Kemenag Akhmad Fauzin mengatakan, tahun ini kuota haji Indonesia berjumlah 100.051 orang. Maka sudah lebih dari 50 persen jamaah yang sudah pulang ke Indonesia.

“Jumlah jamaah haji yang telah tiba di tanah air sebanyak 55.473 orang. Kemarin kembali dipulangkan lagi sebanyak sembilan kloter menuju delapan Debarkasi,” kata Fauzin kepada wartawan, Rabu (3/8).

Menurut Fauzin, pada pemulangan kemarin satu kloter menuju Debarkasi Batam/BTH dengan total 446 jemaah. Masing-masing dua kloter menuju Debarkasi Jakarta – Pondokgede (JKG), Jakarta – Bekasi (JKS), dan Solo (SOC). Selain itu, masing-masing satu kloter menuju Debarkasi Lombok (LOP), Palembang (PLM), Surabaya (SUB), dan Ujungpandang (UPG).

“Total sebanyak 3.613 jamaah,” imbuhnya.

Sementara data jamaah sakit, saat ini tecatat masih ada 64 jamaah sakit. Sebanyak 24 jamaah dirawat di RS Arab Saudi (RSAS), dan 40 lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah.

Baca Juga : Viral! Pengemis Nyawer Biduan, Bawa Catatan Warga Pinjem Uangnya Rp60 Juta

Sedangkan jamaah wafat bertambah dua orang atas nama Saeti Jaya Sadimin, perempuan, 63 tahun, Nomor Paspor C63 34 513, kloter JKS 39, asal Embarkasi Jakarta Bekasi, dan Dyan Novi Laila, perempuan, 46 tahun, Nomor Paspor C65 93 665, kloter SUB 33, asal Embarkasi Surabaya.

“Sehingga jumlah jemaah wafat sampai hari ini sebanyak 83 orang,” pungkas Fauzin. (jpg)

 

Editor : Yosep/Yuli-KKL