logo radar

Masyarakat Mendukung Tahap Revitalisasi Kota Tua

Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, masih dalam tahap revitalisasi. Namun begitu, pengunjung masih bisa mendatangi kawasan tersebut untuk jalan-jalan dan mengunjungi museum-museum di sekitar Kota Tua. (Royyan/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, masih dalam tahap revitalisasi. Namun begitu, pengunjung masih bisa mendatangi kawasan tersebut untuk jalan-jalan dan mengunjungi museum-museum di sekitar Kota Tua.

Ada beberapa museum di Kota Tua, yang bisa dikunjungi, misalnya Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan Museum Seni Rupa dan Keramik.

Dari pantauan JawaPos.com di lokasi, orang-orang terlihat hilir-mudik masuk ke Museum Seni Rupa dan Keramik. Ada anak-anak berseragam sekolah, suami-istri yang membawa anak, hingga turis-turis datang memasuki museum tersebut.

Menurut penjaga loket Museum Seni Rupa dan Keramik, operasional museum itu tetap berjalan normal di tengah revitalisasi kawasan Kota Tua dilakukan. Pengunjung masih tetap boleh memasuki museum tersebut dengan syarat sudah vaksin.

Sheria dan Dilah adalah salah dua pengunjung Museum Seni Rupa dan Keramik. Keduanya mengaku datang dari Bekasi. “Ini kali kedua sih ke Kota Tua. Udah banyak yang berubah,” ujar Dilah saat keluar dari Museum Seni Rupa dan Keramik, Selasa (2/8).

Dilah mengaku ada banyak perubahan di Kota Tua setelah dilakukan revitalisasi. Ia mengaku sempat kebingungan untuk parkir dan mulai berkeliling di Kota Tua. “Tadi sempat bingung sih, keliling-keliling cari parkir. Soalnya udah lama banget gak ke sini,” katanya.

Dilah mengaku terakhir kali ke Kota Tua adalah ketika dirinya masih SD. Sementara Sheria terakhir kali berkunjung ke Kota Tua adalah saat ia masih SMP.

Sheria mengaku merasa nyaman dengan kondisi Kota Tua saat ini. Hal itu menurutnya karena kawasan tersebut terlihat bersih dan ruas jalan yang besar untuk pejalan kaki. “Nyaman sih ini. Dulu tuh rame banget dan biasanya kotor juga,” tukasnya.

Sheria menambahkan akan lebih lama menghabiskan waktu di Kota Tua. Ia dan Dilah masih akan berkeliling mengitari tempat wisata lain, di sekitaran kawasan yang masih dalam tahap revitalisasi tersebut.(jpg)

Editor: Yosep/Ruli-KKL

Berita Lainnya