logo radar

Lengkapi Administrasi, Hanura Siap Daftar ke KPU Saat Tanggal Cantik 8/8

Hanura
konferensi persen Pemutakhiran Data Verifikasi Partai Hanura Pemilu 2024 di Hotel Manhattan, Kuningan, Jakarta, Senin (1/8).

JAKARTA- RADAR BOGOR, Wakil Ketua Umum DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Benny Rhamdani mengungkapkan, partainya telah melengkapi 100 persen syarat administrasi pendaftaran sebagai partai politik peserta Pemilu 2024.

“Partai Hanura menyatakan 100 persen persyaratan administrasi telah terpenuhi,” kata Benny saat konferensi persen Pemutakhiran Data Verifikasi Partai Hanura Pemilu 2024 di Hotel Manhattan, Kuningan, Jakarta, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Ketua KPU RI Sebut 3 Partai di KIB, Gerindra dan PKB Akan Daftar Peserta Pemilu Bersamaan

Dikatakan Benny, DPP Partai Hanura telah membentuk tim pemberkasan verifikasi untuk mengahadapi Pemilu 2024 jauh-jauh hari. PIC atau perwakilan DPD Hanura se-Indonesia bahkan telah kumpul sejak 13 Juli di DPP mengkomunikasikan dengan tim verifikasi pusat. Tim Verifikasi Parpol Partai Hanura ini dipimpin langsung oleh politisi senior, Djafar Badjeber.

Dipaparkan, berkas administrasi syarat Partai Hanura untuk Kartu Tanda Anggota (KTA) sudah melebihi aturan yang disyaratkan KPU.

“Sebenarnya, kami 269 ribu KTA sudah cukup. Tapi kami input KTA ke Sipol KPU sebanyak 274 ribu. KTA Hanura lebih dari syarat sebanyak 5.000 anggota,” tuturnya.

Untuk kepengurusan DPD, juga sudah terpenuhi 100 persen, sebanyak 34 DPD. Sementara untuk DPC, sebenarnya, menurut aturan KPU cukup dengan 311 DPC. Namun, Hanura telah menginput 514 DPC Kabupaten dan Kota.

“Juga untuk kepengurusan Kecamatan, 50 persen saja syaratnya. Minimal 3.620. Tapi Hanura sudah input 6.122 kepengurusan kecamatan. Sudah 86 persen. Kantor organisasi, keterangan domisili, nomor rekening sudah siap semua,” paparnya.

Baca juga: 8 Partai Politik Sudah Daftar Calon Peserta Pemilu 2024 Per Hari Ini

Lantas kapan akan mendaftarkan diri ke KPU? Hanura, kata Benny telah menyiapkan tanggal cantik, yakni pada 8 Agustus mendatang.

“DPP Hanura menetapkan, pendaftaran pada tanggal 8 Agustus 2022. Delapan, delapan 2022. Angka baik dan cantik bagi Partai Hanura,” ungkap Wakil Ketua Tim Verifikasi Hanura ini.

Apakah ada prosesi khusus?

Seperti partai lain yang sudah mendaftar di hari pertama? Benny menyebut, akan ada kejutan. “Nanti ada kejutan. Tunggu tanggal mainnya, tanggal 8 ya,” ujarnya.

Dikatakan Benny, sebenarnya, saat ini pun Hanura sudah siap lahir batin mendaftarkan diti. Bahkan tak hanya verifikasi administrasi, sebagai partai non-parlemen yang harus kembali diverifikasi faktual, pihaknya juga telah siap 100 persen.

“Lahir batin kita siap jadi kontestan Pemilu 2024. Sejak dipimpin Ketua Umum, Bapak Oesman Sapta, semua kerja politik terkonsolidasi dengan baik dan terstruktur,” tegasnya.

Baca juga: Jadi Capres 2024, Ridwan Kamil Dapat Dukungan Hanura Jabar

Benny pun berterima kasih kepada seluruh kader dan pengurus yang telah bekerja keras dan membuahkan hasil dalam verifikasi peserta Pemilu.

“Terima kasih, PAC, DPC, DPD, dan semua pihak. Kalian semua patriot tak kenal lelah, rela meninggalkan keluarga demi kejayaan Hanura,” tandasnya.

Terkait Pilpres, kata Benny, Hanura menyerahkan semua keputusan kepada Ketua Umumnya, Oesman Sapta Odang (OSO). Karena, semua keputusan politik dukungan kepada calon capres-cawapres, termasuk keputusan koalisi partai, adalah hak prerogatif ketua umum.

“Yang jelas, Hanura mendukung calon pemimpin yang nasionalis, setia menjaga Pancasila dan UUD 45, dan yang mampu mewujudkan cita-cita bangsa,” pungkasnya. (jpg)

Editor: Yosep/Zulfa-KKL

Berita Lainnya