25 radar bogor

KPU: Parpol Belum Sertakan Kepengurusan 3 Provinsi Baru di Papua

KPU Parpol Belum Sertakan Kepengurusan 3 Provinsi Baru di Papua

RADAR BOGOR, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik menyatakan, pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024 belum menyertakan tiga provinsi baru di Papua. Hal ini mengingat, DPR RI telah mengesahkan tiga daerah otonomi baru (DOB) Papua, yakni Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan.

“Jadi alam konteks pendaftaran parpol ini ada 34 provinsi untuk menerangkan tentang persyaratan kepengurusan di seluruh Indonesia. Jadi ada 34 provinsi,” kata Idham Holik di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/8).

Baca JugaMasyarakat Mendukung Tahap Revitalisasi Kota Tua

Menurut Idham, proses pendaftaran parpol peserta Pemilu masih merujuk pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Hal ini juga telah dibahas bersama Komisi II DPR RI.

“Dalam konteks pendaftaran parpol, kami sampaikan kepada publik. Bahkan kami sampaikan dalam rapat konsultasi dengan Komisi II DPR RI pada 7 Juli, kami sampaikan sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 itu ada 34 provinsi. Pada saat itu pimpinan Komisi II DPR RI dan anggota menyatakan artinya memang seperti itu,” ucap Idham.

Baca Juga: Sembilan Parpol Daftar Hari Pertama, Hanya Enam yang Dinyatakan Lengkap

Oleh karena itu, untuk menindaklanjuti tiga provinsi di Papua terkait keikutsertaan dalam Pemilu 2024, KPU akan menerima audiensi Majelis Rakyat Papua (MRP) pada Selasa (2/8) siang ini.

“Kami mendapat informasi siang nanti jam 12 Majelis Rakyat Papua itu akan beraudiensi ke KPU, terkait materi yang akan dibicarakan di audiensi tersebut nanti kami akan informasikan lebih lanjut. Yang jelas, kami akan menerima kedatangan beliau dan kami akan sambut kedatangan MRP di KPU dalam rangka audiensi,” pungkas Idham. (jpg)

Editor: Yosep/Khonsa-KKL