25 radar bogor

Dikeroyok Netizen lewat #BlokirKominfo, Akses PSE Asing Akhirnya Dibuka

Ilustrasi.

RADAR BOGORDikeroyok habis oleh warganet lewat media sosial sampai muncul tagar #BlokirKominfo, akses ke PayPal akhirnya dibuka atau telah dilakukan normalisasi. Hal ini menyusul pemblokiran yang dilakukan sejak Sabtu (30/7) lalu bersamaan dengan pemblokiran Steam, DOTA, Yahoo, game CS:GO Origin dari EA dan Epic Games.

Khusus untuk PayPal, pemblokiran platform keuangan global itu menjadi salah satu topik yang paling bikin netizen murka. Pasalnya, banyak sektor khususnya para freelancer dan pekerja kreatif yang menggantungkan hidupnya pada layanan asal Amerika Serikat (AS) itu.

Baca juga: IUQI Bogor Sebar 361 Mahasiswa KKM di 27 Desa

Secara sederhana, PayPal adalah perusahaan semacam dompet digital dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah membuka semua akses Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) asing yang kebanyakan dari Amerika Serikat (AS) mulai hari ini (2/8/2022).

Baca juga: Pemcam Parung Launching BIAN di Dua Puskesmas

Adapun akses yang sempat diblokir tersebut adalah PayPal, Steam, Dota, Counter Strike, dan Yahoo. Untuk Paypal sendiri sudah bisa diakses masyarakat sejak 31 Juli. Sebagai informasi, Paypal telah dibuka aksesnya sejak Minggu, 31 Juli 2022 pukul 08.00 WIB.

Valve Corp (Steam, CS GO, dan DOTA) telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini, Selasa, 2 Agustus 2022.

Baca juga: Bebas Bersyarat, Rachmat Yasin Langsung Temui Sosok Ini

“Yahoo telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini, Selasa, 2 Agustus 2022,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan melalui siaran pers, Selasa. Dengan demikian, lanjut Semuel, masyarakat sudah dapat mengakses ketiga grup PSE tersebut di atas. (*/ran)

Editor: Rany