25 radar bogor

Update Terbaru, 80 Jamaah Haji Meninggal di Arab Saudi

ILUSTRASI. Jamaah haji saat baru mendarat di bandara
ILUSTRASI. Jamaah haji saat baru mendarat di bandara. (Dipta Wahyu/JawaPos)

RADAR BOGOR, Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat, Wawan Djunaedi menyampaikan perkembangan terkini jumlah jamaah haji yang wafat. Sampai saat ini tercatat sudah 80 orang meninggal di Arab Saudi.

Wawan menyampaikan untuk jamaah haji yang sakit berjumlah 71 orang. Dengan rincian 23 orang dirawat di RSAS, dan 48 lainnya dirawat di KKHI Makkah.

“Jumlah jamaah wafat sampai hari ini sebanyak 80 orang,” kata Wawan kepada wartawan, Senin (1/8).

Baca juga: Sebanyak 47.490 Jamaah Haji Pulang ke Indonesia, 36.605 Tiba di Madinah

Jumlah tersebut bertambah 2 orang dari hari sebelumnya. Adapun 2 jamaah haji meninggal terbaru yakni Yulina Arifin, perempuan, nomor paspor C5333917, kloter JKG 23, Asal Embarkasi Jakarta Pondok Gede, dan Hannah Hasan Artam, perempuan, 54 tahun, Nomor Paspor C6089493, kloter SUB 23, asal Embarkasi Surabaya.

Sementara itu, jamaah haji Indonesia yang masuk dalam kloter gelombang dua, saat sudah berada di Madinah. Setelah selesai menjalani ibadah haji, seluruhnya dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

“Selama di Madinah, jamaah akan tinggal antara 8-9 hari dengan memperhitungkan kecukupan waktu salat arbain atau salat fardhu 40 waktu,” tandas Wawan. (jpg)

Editor: Yosep/Aulia-KKL