logo radar

8 Partai Politik Sudah Daftar Calon Peserta Pemilu 2024 Per Hari Ini

Ketua KPU
Ketua KPU Hasyim Asy'ari sebut 3 partai di KIB, Gerindra dan PKB akan mendaftar peserta pemilu secara bersama-sama. (dok. jawapos.com)

JAKARTA – RADAR BOGOR, Sebanyak delapan partai politik dikabarkan telah melakukan pendaftaran calon peserta Pemilu 2024 ke KPU RI. Sejak pukul 08.00 WIB, berbagai kelompok parpol mendatangi kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/8).

Sebanyak delapan parpol yang sudah mendaftarkan peserta Pemilu 2024 di antaranya PDIP, PKS, PKP, Perindo, Prima, NasDem, PBB dan Partai Reformasi.

“Alhamdulillah sampai dengan hari ini sudah ada delapan partai yang hadir ke KPU sebagai calon peserta Pemilu,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari di kantor KPU RI.

Baca juga: Hari Ini Partai NasDem, Prima, PBB, dan Perindo Daftar ke KPU

Pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024, dilaksanakan pada 1-14 Agustus 2022. Menurut Hasyim, masing-masing parpol harus melengkapi persyaratan untuk menjadi peserta Pemilu, dalam hal ini partai yang pernah mengikuti Pemilu 2019 dan lolos parlemen hanya menyerahkan syarat administrasi.

Sementara partai baru dan partai yang mengikuti Pemilu 2019 namun tidak lolos parlemen, harus menyerahkan syarat administrasi dan faktual.

“Kategorinya satu saja lengkap atau tidak lengkap, yang diperiksa adalah kelengkapan dokumen persyaratan. Nanti kalau sudah lengkap, KPU akan menerbitkan berita acara yang menyatakan bahwa dokumen persyaratan sudah lengkap dan dinyatakan terdaftar, dilampiri dengan buktinya apa saja,” ucap Hasyim.

Menurut Hasyim, bagi parpol yang belum memenuhi persyaratan masih diberikan waktu untuk perbaikan sampai 14 Agustus 2022 mendatang.

“Bagi yang belum lengkap hari ini masih ada kesempatan sampia tanggal 14 Agustus 2022 jam 24 malam untuk melengkapinya,” ujar Hasyim.

Hasyim mengimbau, setiap parpol yang ingin mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 untuk terlebih dahulu mengonfirmasi ke datangan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pendataan.

“Partai politik yang hadir ke KPU setidak-tidaknya mengonfirmasi hadir ke KPU. Kalau ada yang sudah siap, kami juga tetap membuka diri menerima sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama,” pungkas Hasyim. (jpg)

Editor: Yosep/Zulfa-KKL

Berita Lainnya