logo radar

Perdana, Baznas Kabupaten Bogor Resmikan Rumah Singgah

Rumah Singgah Baznas Kabupaten Bogor
Sekertaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin resmikan rumah singgah yang di gagas Baznas di Jalan KSR Dadi Kusmayadi, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sabtu (30/7/2022).

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor bersama Baznas Kabupaten Bogor secara perdana meresmikan gedung Rumah Singgah wilayah Cibinong.

Baca Juga : Tahun Baru Islam, Airlangga : Langkah Awal Untuk Terus Mencetak Optimisme

Peresmian Rumah Singgah wilayah Cibinong dilakukan di Jalan KSR Dadi Kusmayadi, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor,  Sabtu (30/7/2022).

Keberadaan Rumah Singgah merupakan upaya Pemkab Bogor bersama Baznas Kabupaten Bogor untuk meringankan beban operasional para pasien yang sedang berobat, sekaligus memberikan pelayanan yang optimal terhadap masyarakat Kabupaten Bogor yang kurang mampu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin menuturkan, sebagimana diketahui bahwa menjaga orang yang sedang dirawat karena sakit merupakan hal yang cukup berat dan melelahkan.

Tak jarang, keluarga pasien jatuh sakit kelelahan karena fasilitas sarana untuk beristirahat di rumah sakit yang terbatas.

“Kami sangat berterima kasih kepada Baznas Kabupaten Bogor dan sangat apresiasi adanya Rumah Singgah yang difungsikan bagi pengantar pasien yang sedang berobat maupun dirawat  di RSUD Cibinong,” kata Burhanudin.

Menurut Burhanudin, keberadaan Rumah Singgah Baznas ini selain dapat meringankan beban operasional para pasien yg sedang berobat, juga dalam rangka memberikan pelayanan  optimal bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Untuk itu, kami berharap seluruh RSUD yang ada di Kabupaten Bogor, untuk dapat dibangun rumah singgah bagi penunggu atau pengantar pasien yang dikelola Baznas Kabupaten Bogor,” imbuhnya.

Selanjutnya, Ketua Baznas Kabupaten Bogor  K.H Lesmana mengatakan, terbangunnya Rumah Singgah Baznas merupakan hasil kolaborasi antara Pemkab Bogor dengan Baznas Kabupaten Bogor.

“Alhamdulilah, Rumah Singgah Baznas terbangun di RSUD Cibinong bisa mendorong dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat kurang mampu dan membutuhkan selama berobat di RSUD,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa, rumah singgah itu merupakan rumah singgah  khusus bagi penunggu atau pengantar pasien yang sedang berobat di RSUD Cibinong.

“Kami sangat berterima kasih kepada pimpinan daerah, dalam hal ini Plt. Bupati Bogor juga Sekda Kabupaten Bogor. Semoga semangat kebersamaan yang diusung oleh Baznas dan Pemkab Bogor senantiasa terus terjaga dan terjalin dengan baik,” katanya.

Ke depan tak hanya RSUD Cibinong, ada tiga RSUD lagi yang bakal memiliki Rumah Singgah seperti di RSUD Cileungsi, RSUD Ciawi, dan RSUD Leuwiliang.

“Program ini pertama, dan akan dilanjutkan di RSUD Cileungsi. Kami ingin penunggu jangan sampai terlantar di rumah sakit,” ucap K.H Lesmana.

“Untuk masyarakat yang memanfaatkan rumah singgah diberikan waktu selama 3 hari, makan dan minum juga dijamin Baznas,” sambungnya.

Fasilitas rumah singgah sendiri terdiri dari ruang pelayanan, 4 ruang kamar masing-masing berisi 2 tempat tidur khusus untuk penghuni perempuan.

Kemudian, 1 ruang berisi 6 tempat tidur khusus penghuni laki-laki dan 1 ruang mushola berikut tempat wudhu, kamar mandi, dapur umum, serta 1 gudang. Juga fasilitas makan dan minum bagi penghuni rumah singgah.

Turut hadir dalam kegiatan peresmian Rumah Singgah Baznas Cibinong yakni, Kepala Bidang Koordinator Zakat Nasional, Baznas Pusat K.H Achmad Sudrajat. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep

Berita Lainnya