logo radar

Pawai Obor Tahun Baru Islam, Ribuan Warga Tumpah Ruah ke Jalan 

Pawai Obor
Ribuan warga Kota Bogor ikuti pawai obor sambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriyah, Jumat (29/7/2022) malam. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriyah, ribuan warga Kota Bogor ikuti pawai obor pada Jumat (29/7/2022) malam.

Baca Juga : Amankan Pawai Obor Malam Ini, Polresta Bogor Kota Terapkan Rekayasa Lalin

Ribuan warga yang terdiri dari pelajar, kelompok pengajian, kelompok kesenian, masyarakat umum lainnya tumpah ruah padati ruas jalan yang menjadi lintasan pawai obor.

Api-api obor bambu yang dibawa peserta membuat ruas-ruas jalan pun seketika berubah layaknya lautan api. Lantunan solawat diselingi takbir terus digemakan para peserta menambah semarak jalannya pawai tersebut.

Pawai obor ini bermula dari Masjid Raya Kota Bogor kemudian menuju Masjid At-Taqwa, Balai Kota Bogor dan berakhir kembali di area yang sama.

Walikota Bogor, Bima Arya mengatakan pelaksanaan pawai obor menjadi simbol perdamaian dan kebersamaan.

“Bulan Muharam menjadi salah satu bulan spesial. Rasulullah menganjurkan kita untuk puasa di bulan ini. Artinya kita harus menahan hawa nafsu, menjauhi peperangan atau konflik,” tuturnya.

Ia menekankan, momentum tahun baru Islam justru menjadi ajang masyarakat untuk saling memberikan kasih sayang dan menebarkan kebaikan.

Berkaca dari kisah Rasulullah, Bima menyebut ada dua semangat yang perlu ditanamkan masyarakat dalam menyambut Bulan Muharam, yakni semangat perjuangan dan perdamaian.

“Momen ini menjadi intropeksi bagi kita semua sehingga tidak ada persoalan yang berpotensi menyebabkan konflik dan mengganggu ukhuwah islamiyah,” ujar Bima.

Ia berharap di tahun baru ini warga Kota Bogor selalu diberikan kesejahteraan serta perlindungan dari Allah.

Baca Juga : Pawai Obor 1 Muharram Batal, Diganti Dzikir Akbar di Balai Ageung Batutulis

“Semoga warga yang sakit disembuhkan, warga yang rezekinya sulit dimudahkan, dan semoga semua pemimpin bisa amanah dan istiqomah,” tutupnya.

Selain pawai obor, kegiatan peringatan Tahun Baru Islam 1444 hijriyah ini pun diisi dengan pemberian santuan kepada 540 anak yatim piatu. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep

Berita Lainnya